Wakatobi Tuan Rumah Seminar Internasional Kebudayaan

Kendari, Sultra - Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar Internasional Kebudayaan yang rencananya digelar pada 11-12 November 2014.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Wakatobi, La Ode Usra, mengatakan, Seminar Inernasional Kebudayaan tersebut akan dihadiri pemateri dari pakar kebudayaan Badan Pendidikan dan Kebudayaan PBB (Unesco), akademisi dari Malaysia Prof Dr Harun Daud, pakar budaya budaya Melayu, dan Wali Kota Solo.

Selain itu, penyelenggara juga menghadirkan pembicara lain yakni Ketua Badan Perencanaan Pembangunan DKI dan pakar budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Prof Harun akan mengupas kebudayaan masyarakat Melayu di Malaysia dalam kaitannya dengan kebudayaan Melayu yang berkembang di Nusantara," katanya.

Sedangkan Wali Kota Solo, Hadi Rudyatmo, kata dia, akan membahas kebudayaan masyarakat di lingkungan Keraton Surakarta yang hingga saat masih terus dilestarikan dan ikut mewarnai pemerintahan di Solo.

Sementara, Ketua Bappeda DKI, Andi Baso Mappapoleonro, kata dia, mengurai kebijakan Pemerintah DKI dalam membangun kebudayaan Betawi sebagai budaya asli dan kebudayaan dari etnis lain di DKI.

"Hasil pemabahasan kebudayaan dari para pakar budaya ini, akan direkomendasikan kepada Unesco untuk menjadi rujukan dalam menangani masalah-masalah kebudayaan di berbagai negara," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts