Festival Budaya Sei Mahakam Perkenalkan Keragaman Budaya Kaltim

Jakarta - Bekerja sama dengan Yayasan Total Indonesia, Bentara Budaya Jakarta mengadakan Festival Budaya Sei Mahakam pada 7-16 November 2014.

Acara kerja sama dengan Lembaga Kebudayaan Kompas Gramedia ini bertujuan memperkenalkan kepada budaya masyarakat yang ada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

"Ingin memperkenalkan budaya ini ke masyarakat luas. Sungai itu Sei makanya kita buat lebih ke kebudayaan dengan nama Sei Mahakam," kata Vice Chairman Yayasan Total Indonesia, Agus Djamhoer kepada Kompas.com, Kamis (6/11/2014).

Agus mengatakan, sepanjang Sungai Mahakam seperti Keraton, suku Dayak, serta masyarakat pesisir turut serta dalam festival ini.

Dalam festival ini juga diadakan pameran kerajinan dari daerah sungai Mahakam itu selama 10 hari di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat.

Kerajinan itu dipinjam dari museum yang masih dalam bagian Yayasan Total Indonesia. Barang-barnag itu merupakan hasil kerajinan tangan langsung penduduk di Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Suku Pedalaman (Suku Dayak), dan pesisir.

"Kita bawa pembicara kompeten dalam seminar ini. Ada juga budaya demo masakan khas Dayak Kutai," ucap dia.

Menurut Agus, Total memiliki tugas khusus mengangkat budaya yang dekat dengan daerah Total. Dalam pameran itu, dijual barang-barang pameran hasil kerajinan. Agus berharap, festival ini antara ketertarikan dan jumlah pengunjungnya dapat menjadi manfaat bagi diri sendiri.

"Kita coba membina dan membawa produk mereka dari semua etnik budaya, ada 7 suku budaya," kata dia.

-

Arsip Blog

Recent Posts