Ratusan Pelajar Gunungkidul Ikuti Festival Batik Carnival

Gunugkidul, DIY - Guna mempopulerkan batik di kalangan pelajar dan masyarakat umum, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul menggelar Festival Batik Carnival, Sabtu (15/11/2014). Kegiatan ini diikuti oleh belasan sekolah dari seluruh Gunungkidul.

Festival Batik Carnival ini dilakukan dengan menggelar pawai keliling kota Wonosari. Mengambil start dari Alun-Alun Wonosari dan melintasi Jalan Soegiyo Pranoto, Jalan Sumarwi, Jalan Ksatrian dan finis di Jalan baru, ratusan peserta memamerkan sekaligus mengkampanyekan kain batik kepada masyarakat.

Iring-iringan peserta pawai ini pun mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Ribuan warga berjajar di pinggir jalan untuk melihat kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini.

Bahkan banyak di antaranya yang mengabadikan gambar peserta pawai menggunakan kamera digital maupun kamera handphone.

Kepala Disdikpora Gunungkidul, Sudodo mengatakan, festival tahun ini sengaja dikonsep yang berbeda dari kegiatan-kegiatan tahun sebelumnya. Pihak panitia memberi kebebasan bagi peserta untuk berkreasi dengan kain batik.

Harapannya, dengan diberi kebebasan tersebut, akan mengasah kreatifitas para pelajar dalam menggunakan kain batik.

“Kita ingin para peserta menampilkan kreasi masing-masing ,” katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts