Gelar Seminar Musik Melayu, SBG Datangkan Narasumber dari Luar Negeri

Selatpanjang, Riau - Sanggar Bathin Galang asal Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti, Riau, akan mengadakan seminar musik melayu tanggal 6 Januari 2015 mendatang. Tak tanggung-tanggung, sebagai pembicara nantinya SBG akan mendatangkannya dari luar negeri yaitu Malaysia.

Hal itu sebagaimana disampaikan Sopandi SSos, Rabu (5/11/2014). Kata Sopandi, dalam rangka pegelaran Bokor World Music Festival tahun 2015 Januari mendatang, panitia merencanakan akan menggelar seminar musik Melayu. Sebagai narasumber kata Sopandi, mereka akan mendatangkan beberapa orang narasumber, baik dari Indonesia sendiri maupun dari malaysia.

"Dari Malaysia Jart Hassan, Pekanbaru Tengku Rahimah LAMR provinsi Riau, Jakarta Tengku Ryo, dan Padang Panjang sumatera Barat Ronaldi," kata Sopandi

Untuk peserta, kata Sopandi, mereka akan mengundang perwakilan siswa dari tiap sekolah dan guru kesenian di Kepulauan Meranti. Tujuan diadakan seminar ini adalah upaya pelestarian musik Melayu yang mulai luntur.

"Kita harap generasi muda mampu membangkitkan khazanah budaya yang mulai luntur. Setidaknya peserta bisa mengenal bentuk peralatan musik Melayu. Mudah-mudahan kegiatan yang diselenggarakan oleh sanggar ini dapat respon positif dari Pemda dan pihak swasta," ujar Sopandi lagi.

Dapat disampaikan pula, selain seminar, Bokor World Musik Festival ini akan mengadakan klinik musik Melayu, dan pertunjukan musik dari Aceh, Palembang, Pekanbaru, Batam, Jakarta, Solo, Malaysia, Singapura, Thailand serta beberapa dari negara Eropa.

-

Arsip Blog

Recent Posts