20 Negara Diundang ke Festival Keraton Sedunia di Solo

Solo, Jateng - Sekitar 20 negara kerajaan dan bekas kerajaan di seluruh dunia akan diundang menjadi peserta Festival Keraton sedunia yang akan diselenggarakan di Solo pada tanggal 26-28 September 2010.

Peserta festival tersebut diantaranya dari Malaysia, Thailand, Kamboja, Korea, Jepang, Brunei Darussalam, Filipina, India, serta negara-negara Benua Eropa seperti Inggris dan Belanda. Sementara jumlah peserta festival dari kerajaan-kerajaan di Tanah Air sekitar 50 kerajaan.

“Setidaknya itu peserta dari luar negeri, masih memungkinkan untuk bertambah. Kami sudah melakukan check list calon peserta yang akan kami undang," kata Ketua Panitia Festival Keraton-Keraton seluruh dunia, KGPH Dipokusumo, seperti dikutip siaran pers ksi Pelayanan Informasi Monumen Pers Nasional (MPN) Solo, Rabu (26/5).

Dipokusumo menjelaskan, launching festival keraton akan dilakukan di Jakarta dengan mengundang duta-duta besar negara peserta.

Pengenalan dan peluncuran acara akan dilakukan oleh tokoh perempuan Indonesia, Mooryati Soedibyo yang juga penasihat festival.

Sementara mengenai undangan kepada para calon peserta festival dari luar negeri, akan dilayangkan Juni 2010 mendatang. Saat ini sedang disusun format acara oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo.

Menurut Dipokusumo, rangkaian acara nantinya meliputi pameran benda bersejarah, pertunjukkan budaya, kirab budaya, serta sarasehan yang akan dilangsungkan pada Senin (27/9).

Lokasi pameran benda peninggalan sejarah kemungkinan akan dilakukan di Pura Mangkunegaran atau di Keraton Kasunanan Surakarta, sedangkan pertunjukkan budaya oleh peserta festival ditetapkan di Pamedan Mangkunegaran.

“Untuk saat ini yang belum dapat dipastikan adalah jalur kirab budaya,” katanya menambahkan. (toeb/id)

Sumber: http://www.bipnewsroom.info
-

Arsip Blog

Recent Posts