Para Ilmuwan, Datanglah ke Ternate

Ternate - Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) direkomendasikan menjadi daerah tujuan wisata ilmu pengetahuan di dunia, khususnya yang terkait dengan ilmu pengetahuan flora dan fauna. "Rekomendasi tersebut dihasilkan pada Konferensi Ilmuwan Muda Walacea yang berlangsung di Ternate akhir pekan lalu," kata Ketua Panitia Konferensi Ilmuwan Muda Walacea, Juhdi Taslim, di Ternate, Senin (17/5/2010).

Menurut Juhdi, alasan Ternate direkomendasikan menjadi daerah tujuan wisata ilmu pengetahuan dunia, di antaranya daerah ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat unik dan menarik.

Selain itu, Ternate pernah menjadi tempat tinggal ahli botani dunia, Alfred Russel Walace, saat dia melakukan penelitian flora dan fauna di Ternate dan daerah lainnya di wilayah Malut pada abad ke-18.

Juhdi mengatakan, Pemkot Ternate sangat mendukung rekomendasi menjadikan Ternate daerah tujuan wisata ilmu pengetahuan dunia, karena akan banyak memberi kontribusi positif pada daerah ini.

Kontribusi itu di antaranya akan menjadikan Ternate semakin terkenal di dunia, selain itu akan semakin banyak wisatawan, terutama para ilmuwan untuk berkunjung ke daerah ini, baik melakukan penelitian maupun sekedar menyaksikan jejak ahli botani dunia Alfred Russel Walace.

Menerut dia, Pemkot Ternate sejak beberapa tahun silam telah berupaya melestarikan jejak peninggalan Alfred Rusul Walce di Ternate, seperti rumah tempat tinggal ahli botani dunia itu di kawasan Santiong, Ternate.

Rumah tersebut telah dibebaskan oleh Pemkot Ternate dan akan dijadikan museum untuk menyimpan berbagai peninggalan dan hasil penelitian Alfred Russel Walace. Nama jalan di depan rumah tersebut juga telah diganti menjadi Jalan Alfred Russel Walace.

Ia menambahkan, LIPI juga telah membangun stasiun penelitian di Ternate, sehingga ilmuwan dari dalam maupun luar negeri yang ingin melakukan penelitian di Ternate bisa memanfaatkannya.

Sumber: http://travel.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts