Infrastruktur Wisata Pantai di Malang Perlu Perhatian

Malang, Jatim - Akses infrastruktur jalan menuju lokasi wisata pantai di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, cukup memprihatinkan, bahkan kondisi itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Salah seorang wisatawan Pantai Balekambang dari Kota Malang Anita Sari, Selasa (8/3), mengeluhkan kondisi jalan yang berlubang serta makadam yang licin ketika diguyur hujan.

"Sebenarnya Pantai Balekambang itu sangat indah, namun karena kondisi jalan yang tidak mendukung membuat kami dan mungkin pengunjung lainnya menjadi enggan untuk kembali lagi ke pantai ini. Apalagi, jalannya berliku dan banyak tikungan," ujarnya.

Walaupun banyak tikungan dan berliku, katanya, kalau kondisi fisik jalannya bagus, tidak berlubang dan beraspal pasti arus kunjungan wisata ke pantai duplikat "Tanah Lot" di Bali itu akan semakin tinggi. Selain akses jalan yang rusak parah, lanjut Anita, fasilitas di kawasan wisata itu juga minim, seperti penginapan, pusat informasi, sanitasi serta fasilitas pendukung lainnya.

Menanggapi kondisi infrastruktur jalan yang rusak parah itersebut Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Mochamad Anwar mengatakan, dalam waktu dekat ini akses jalan menuju lokasi wisata pantai khususnya Pantai Balekambang segera diperbaiki dan menjadi prioritas.

"Kami sudah mengajukan anggaran untuk perbaikan akses jalan menuju Balekambang tersebut. Saat ini masih dalam tahap proses realisasi dan kemungkinan sekitar Juli nanti sudah turun," katanya. Menurut Anwar, jalan akses meuju Balekambang yang bakal dibangun itu selebar 4,5 meter dengan panjang sekitar 3 kilometer.

Ruas jalan itu meliputi depan Pasar Wonokerto, Bantur sepanjang 1,5 kilometer dan rua jalan srigonco menuju Balekambang sepanjang 1,5 kilometer. Selain itu, katanya, ruas jalan menuju Balekambang dari arah Purboyo sepanjang 1,5 kilometer juga akan diperbaiki, sekaligus saluran drainasenya.

Sebelumnya Kabid Objek Wisata Disbudpar Kabupaten Malang A Zakaria mengatakan, pihaknya sudah mengajukan dana untuk pengembangan dan pembangunan Pantai Balekambang ke pemerintah pusat sebesar Rp3,7 miliar.

Fasilitas yang akan dibangun itu di antaranya jalan untuk joging sepanjang 3 kilometer dan arena permainan."Secara bertahap kami juga akan membangun penginapan, minimal sekelas hotel bintang satu di kawasan pantai tersebut," ujarnya.

Potensi arus kunjungan wisata di Balekambang rata-rata mencapai 70.555 orang per bulan (pada hari libur). Selama tahun 2010 kunjungan wisata mencapai 262.491 orang dengan pendapatan sekitar Rp1,6 miliar.

-

Arsip Blog

Recent Posts