Gelar Budaya Gema Citra Nusantara di Zurich

Jakarta - Lembaga persahabatan Indonesia-Swiss (Verein Indonesia-Schweiz), menggelar acara budaya di Zurich pada Sabtu 25 Agustus 2012. Tujuan acara tersebut untuk mempererat hubungan budaya antar Indonesia-Swiss, dengan mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia melalui tari, musik bahkan kerajinan tangan asal Sumatera Barat kepada masyarakat Swiss.

Gema Citra Nusantara berada di bawah pimpinan Mira Aris Munandar dan Tresnaningsih Jero Wacik, datang dari Indonesia dengan membawa sekitar 50 anggota rombongan.

Menurut Ketua Penyelenggara Frankie Massie, pergelaran itu bertujuan untuk menggaet turis Swiss guna berkunjung ke Indonesia. Tidak hanya promosi budaya, namun juga untuk tujuan promosi pariwisata.

Sekitar lebih dari 300 tamu memadati ruang pertunjukan Kirchgemeindehaus Neumuenster, yang berada di tengah kota Zurich. Selain anggota lembaga persahabatan Indonesia-Swiss, juga banyak masyarakat Zurich yang berpotensi untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Berbagai budaya ditampilkan, termasuk tari-tarian.

Penari-penari Gema Citra Nusantara, dengan sangat dinamis menampilkan berbagai tarian Nusantara, mulai Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Belibis (Pulau Dewata), hingga Tari Lenggang Kipas. Diringi dengan lagu-lagu daerah dan nasional, dipadukan dengan gerakan-gerakan cantik dan menawan.

Acara dibungkus dalam sebuah rangkaian medley, yang tak putus dan dinamai Colours of Indonesia. Penonton dibuat terpukau atas keanekaragaman budaya Indonesia yang ditampilkan. Belum lagi, film-film pemandangan yang ditampilkan sebagai latar belakang panggung.

Sementara itu, di ruangan lobi tempat pertunjukan, ditampilkan aneka kerajinan Sumatera Barat dan demo pembuatan kain sulam. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan kuliner nusantara mulai dari nasi uduk, nasi Padang, mi goreng, empek-empek Palembang, jajanan pasar, dan makanan tradisional lainnya.

Duta Besar RI untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Djoko Susilo, berharap bahwa dengan penampilan Gema Citra Nusantara di kota pusat perbankan dunia itu, dapat menggugah masyarakat Swiss untuk lebih banyak berkunjung ke Indonesia. Sekaligus mengenal lebih dalam keanekaragaman budaya bangsa Indonesia, sehingga dapat mempererat hubungan masyarakat kedua negara.

-

Arsip Blog

Recent Posts