Tari Zapin Meriahkan Pembukaan PON XVIII

Pekanbaru, Riau - Tari zapin akan memeriahkan pembukaan PON XVIII Riau 2012 yang dijadwalkan terselenggara pada Selasa (11/9) di Stadion Utama Pekanbaru.

"Zapin itu punyanya melayu, saya ingin mengangkat tradisi Indonesia dari ini," kata Koreografer Tari Pembukaan PON Deddy Puja Indra di Pekanbaru, Ahad (9/9).

Menurut Deddy, zapin merupakan reprsentasi dari penyebaran Islam di Indonesia yang terpengaruh negara-negara Arab. Deddy mengungkapkan tari tersebut dibawakan karena dianggap mewakili budaya dari tuan rumah PON.

Lagu daerah Riau, Lancang Kuning juga akan diperdengarkan dalam seremoni pembukaan PON VXIII. Sebanyak 500 siswa telah dipersiapkan Deddy untuk bisa menari bersama-sama dengan iringingan lagu tersebut.

Secara keseluruhan tema koreografer tarian berdurasi 10 menit itu adalah `Harmoni Nusantara`, sehingga tidak hanya budaya Riau dan Melayu yang akan dipertunjukkan. Menurut Deddy, nanti akan ada tari-tarian dari daerah lain untuk mewakili kebudayaan Indonesia yang begitu beragam.

"Indonesia tengah akan diwakili tari bali, sementara bagian timur ada pakarena," kata koreografer yang menggarap tarian pembukaan SEA Games 2011 itu.

Sampai dengan latihan hari ini, Deddy mengaku sudah cukup puas dengan performa para penarinya. Dia juga optimis akan bisa menghasilkan penampilan yang meriah pada pembukaan PON nanti. "Saya berusaha untuk membuat tarian ini semeriah SEA Games," pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts