Kirab Seni Budaya akan Digelar di Kota Banjar

Bandung, Jabar - Upaya menggali potensi seni budaya terus dilakukan Dinas Pariwisata Jawa Barat bekerjasama dengan seniman dan budayawan di daerah. Selain kegiatan yang sudah masuk dalam agenda tetap, penggalian potensi seni juga diselenggarakan di daerah.

“Salah satunya dengan melaksanakan Kirab Seni Budaya di kota dan kabupaten dalam satu Bakorwil (Badan Koordinasi Wilayah). Selain mengangkat potensi seni budaya yang ada di daerah, Kirab Seni Budaya juga merrupakan pemberdayaan seniman dan budayawan di daerah dan sarjana seni yang diterjunkan ke daerah,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Drs. Nunung Sobari MM dalam keterangannya kepada PRLM didampingi Kepala Bidang Kesenian dan Perfilman H. Agus Endang Hanafiah S.Sos, Rabu (12/9/12).

Setelah dilakukan di Bakorwil Bogor dan Purwakarta, pada Sabtu (15/9/12) yang akan datang Kirab Budaya akan dilaksanakan se Wilayah Priangan (Bakorwil Priangan) bertempat di Kota Banjar. Kirab Seni Budaya se Wilayah Priangan akan diikuti 21 kesenian dengan melibatkan 945 seniman dan budayawan. Kota dan Kabupaten yang terlibat, Kab. Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Bandung, Sumedang, Kota Tasikmalaya, dan Banjar.

Kesenian yang akan ditampilkan yaitu, (Kab. Ciamis) Nyacarkeun Jalan, Ngarecah, Kentongan. (Kab. Garut) Surak Ibra, Raja Dogar, Badarek Temporar. (Kota Tasikmalaya) Bedug Arumba, Angklung Badud, Badakawang. (Kabupaten Tasikmalaya) Angklung Buncis, Angklung Landung, Angklung Sered. (Kabupaten Bandung) Badawang, Reak, Sadapuran. (Kabupaten Sumedang) Kuda Renggong, Reak, Angklung Buncis. (Kota Banjar) Reog Dongkol, Tarebang, Kompas.

Dari 3 jenis kesenian yang akan ditampilkan Kota Banjar, Seni Kompas merupakan kesenian yang terbilang berbeda. Seni Kompas merupakan kreatifitas para pelaku seni yang mencoba nuansa baru guna mendukung peningkatan khasanah bentuk helaran seni di Kota Banjar yang mengedepankan bentuk-bentuk seni yang berkembang di Kota Banjar yang merupakan daerah perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah di bagian selatan.

Kirab Seni Budaya ini memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai kultural kepada masyarakat luas agar dapat menghargai warisan budayanya. Ini juga untuk memberikan kesempatan kepada seniman-seniman Jawa Barat untuk tampil dalam forum yang lebih besar agar dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman seni.

Pada kesempatan acara tersebut, juga akan diserahkan Piagam Penghargaan kepada 19 Sanggar Seni yang terletak di 7 Kota dan Kabupaten Kota, serta diserahkan Piagam Penghargaan kepada 14 Sarjana Seni yang terlibat dalam pagelaran Kirab Seni Budaya Wilayah Priangan I.

-

Arsip Blog

Recent Posts