Ratusan Pemuda Islam Indonesia-Malaysia akan Berkemah di Banyuasin Sumsel

Palembang, Sumsel - Ratusan pemuda Indonesia dan Malaysia akan mengikuti kegiatan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke-13 di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Mereka menempati 155 rumah warga Desa Pulau Harapan Kecamatan Banyuasin 3.

Menurut Kadis Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda dan Olahraga, Sumatera Selatan Kosarudin melalui Kabid Pemuda, Amir Hamzah, kepada wartawan, Rabu (26/9/2012), tujuan dari penggunaan rumah penduduk sebagai homestay (rumah tinggal) adalah untuk mempererat tali silahturahmi sekaligus tukar-menukar informasi antara tamu dengan warga setempat.

Yang mana, setiap rumah akan dihuni 5 peserta. "Biaya penginapan yang diberikan pemerintah kepada pemilik rumah sebesar Rp 3,5 juta yang digunakan untuk penginapan, makan, dan minum," katanya.

Dijelaskan Hamzah, DMDI merupakan kegiatan pertukaran pemuda Islam termasuk budaya Melayu. Acara ini akan dibuka Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada 29 September 2012 pukul 19.30 WIB di Lapangan SMA PGRI Desa Pulau Harapan, Kabupaten Banyuasin.

Para peserta DMDI ke-13 berasal dari Malaysia yang berjumlah 32 orang, kemudian dari Kepri, Riau, Siak, Kabupaten Pelalawan Riau, Kepulauan Natuna, Bengkalis, dan Sumatera Barat.

Perwakilan Sumatera Selatan berasal dari Lubuklinggau, Lahat, Muaraenim, OKU, Pagaralam, Prabumulih, Muba, OKI dan Palembang. Yang tidak mengirimkan peserta dari Empatlawang, Ogan Ilir, OKU Timur, dan Mura. Jumlah peserta yang sudah hadir hingga hari ini sebanyak 426 peserta dari keseluruhan 850 peserta.

-

Arsip Blog

Recent Posts