Festival Danau Lindu Dibatalkan

Palu, Sulteng - Festival Danau Lindu ke-3 yang dijadwalkan berlangsung September 2012 ini dipastikan batal dilaksanakan.

"Kegiatan itu terpaksa kami batalkan akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi pada 18 Agustus 2012," kata Wakil Bupati Sigi Livingstone Sango di Palu, Senin.

Ia mengatakan Pemkab Sigi telah memutuskan untuk tidak melaksanakan karena banyak rumah dan fasilitas lainnya di Kecamatan Lindu rusak total dan harus dibangun kembali.

Untuk membangun kembali rumah penduduk dan sejumlah fasilitas umum yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,2 skala Richter di tiga kecamatan di Kabupaten Sigi tentu membutuhkan dana cukup besar.

Sementara untuk pelaksanaan Festival Danau Lindu juga membutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya.

Pemkab Sigi akhirnya memutuskan untuk tahun ini tidak menggelar kegiatan dimaksud dan baru akan dilaksanakan pada 2013.

Dengan demikian, kata Wabup Livingstone dalam dua tahun terakhir ini (2011-2012) Festival Danau Lindu tidak dilaksanakan.

Pada Desember 2011 bertepatan dengan akan dilaksanakannya festival, tiba-tiba terjadi bencana alam banjir bandang di Kecamatan Kulawi, terpaksa festival dibatalkan.

Pemkab Sigi saat ini sedang memprioritaskan untuk perbaikan rumah-rumah warga, sarana ibadah, sekolah dan jalan yang rusak akibat gempa bumi di tiga kecamatan yaitu Lindu, Gumbasa dan Kulawi.

-

Arsip Blog

Recent Posts