Ketua DPD RI Dukung Bahasa Indonesia-Melayu jadi Bahasa Internasional

Jakarta - Ketua DPD RI, Irman Gusman, mendukung bahasa Indonesia-Melayu serumpun sebagai bahasa internasional.

Dukungan itu disampaikan dalam acara silaturrahmi dan dialog sosial budaya serumpun yang juga dihadiri Zahrain Mohamed Hasyim, Dubes Malaysia untuk Indonesia dan Tan Sri Dato' Yatim, penasihat Sosial Budaya Malaysia serta perwakilan Kementerian Sosial dan Kementerian Pendidikan dan Budaya di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu yang juga sudah dikenal berbagai penduduk dunia dan berpotensi jadi bahasa internasional ke lima di dunia, tutur Irman Gusman.

DPD RI juga mendukung gerakan budaya membaca dan menulis diseluruh daerah di Indonesia karena masih rendahnya minat baca tulis di Indonesia sehingga bisa mewujudkan Indonesia menjadi negara yang maju dan cerdas dalam peta geostrategi bangsa.

Dalam acara tersebut juga digelar dialog tentang sejarah bahasa Melayu serumpun yang disampaikan Dato Sri Utami. Dia mengatakan bahasa Melayu sebagai muasal bahasa Indonesia yang menjadi bagian identitas masyarakat serumpun yang sangat dibanggakan hingga dinegeri Malaysia.

Kita bangga dengan bahasa Melayu Indonesia dan harus menjadi identitas pemersatu antara negara serumpun dan harus jadi lokal wisdom," tutur Dato Sri Utama bersemangat.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign