Peringati KAA ke-60, Bandung Gelar Parade Budaya

Jakarta - Kota Bandung sebagai penyelenggara Konferensi Asia Afrika akan menjadi salah satu tuan rumah peringatan ke-60 konferensi itu. Dalam rangka peringatan tersebut, Ibu Kota Jawa Barat ini akan menggelar rangkaian perhelatan. Salah satunya parade budaya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan acara itu akan dilaksanakan April nanti. Pagi tadi, Ridwan dipanggil Presiden Joko Widodo untuk membahas persiapan peringatan KAA ke-60.

"lebih dari 100 negara datang bentuknya parade-parade kostum dan parade bunyi bunyian kan tiap budaya punya bunyi jadi rame nanti berisik tapi keren," kata Ridwan di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Jumat (9/1/2015).

Parade budaya dengan tema Asian African Carnival ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp10 miliar. Hari dimana parade digelar, kata Ridwan, pemerintah kota akan meliburkan seluruh sekolah dan instansi pemerintahan di Kota Bandung.

"Untuk acara ini Bandung membutuhkan Rp10 miliar soalnya sepertiga acaranya di Jakarta. Dan rencananya kita bikin Kota Bandung Libur," ungkapnya.

Seperti diketahui, Konferensi antarnegara-negara Asia dan Afrika ini berlangsung di Bandung pada April 1955 silam. Konferensi ini menjadi simbol kemerdekaan negara-negara Asia dan Afrika. Pada 2004, di tempat yang sama juga diperingati 50 tahun konferensi yang menghasilkan organisasi atau Gerakan Non Blok tersebut.

-

Arsip Blog

Recent Posts