Tanpa Budaya, Pariwisata Tidak Bermakna

Wonogiri, Jateng - Tanpa budaya, pariwisata tidak memiliki makna. Karena aset budaya berpotensi menghidupkan aset kepariwisataan.

Karena itu, pengembangan budaya lokal, harus senantiasa disinergikan agar mampu memberikan daya dukung pengembangan sektor pariwisata.

Demikian ditandaskan Peneliti dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS Sebelas Maret Surakarta Drs Rara Sugiharti saat tampil di sebuah seminar budaya di Kabupaten Wonogiri, Senin (24/9).

Seminar ini digelar di ruang data Pemkab Wonogiri, dibuka resmi oleh Bupati Wonogiri yang diwakili Asisten Sekda Ir Gembong Muriahadi MSi.

Kepala Kantor Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pemkab Wonogiri Drs Antonius Sriyanto mengatakan seminar ini diikuti oleh para tokoh seniman, pengurus Dewan Kesenian Wonogiri, para camat dan sejumlah pejabat dari instansi terkait.

Menurut Rara, potensi budaya lokal memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan sektor kepariwisataan daerah. ''Budaya lokal memiliki hubungan simbiostik dengan pengembangan pariwisata,'' tegasnya.

Karena itu, perlu dilakukan upaya 'nguri-uri' (melestarikan) budaya lokal yang hidup di Kabupaten Wonogiri, untuk disinergikan dengan pengembangan kepariwisataan.

Terkait ini, LPPM UNS Sebelas Maret Surakarta, telah melakukan serangkaian penelitian dan kajian terhadap sejumlah potensi budaya lokal yang eksis di Kabupaten Wonogiri.

Dari 23 potensi seni, ditemukan lima seni yang dinilai unggul dan layak untuk dikembangkan bagi kepariwisataan di Kabupaten Wonogiri. Yakni Kethek Ogleng, Srandul, Badhut, Lerok dan Kucingan.

Seniman Sentot Purnomo yang juga menjabat sebagai Sekdes Mojoreno Kecamatan Sidoharjo, menyatakan kiranya perlu dukungan riil dari Pemkab untuk memberikan perlindungan hukum melalui Perda, agar keberadaan ikon pariwisata tidak mudah diklaim oleh daerah lain.

Yang tidak kalah pentingnya lagi, perlu tindakan nyata Pemkab dalam upaya mengangkat potensi unggulan budaya lokal ini, untuk ditampilkan pada setiap datang kalender event wisata.

-

Arsip Blog

Recent Posts