Festival Seni Budaya Aceh Tenggara Kembali Digelar

Kutacane, NAD - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agara,akan kembali mengelar festival seni dan budaya tahun 2014. Festival seni dan budaya tahun ini mulai dilaksanakan sejak Rabu pada tanggal 19-22 Nopember 2014 di Pelataran Parkir Stadion Haji Syahadat Desa Pulonas Kutacane Aceh Tenggara,yang bertemakan,”dengan melestarikan seni yang bersyariat kita eratkan jalinan persatuan bangsa.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tenggara,Bahagia Wati S,Pd MAP,pada Minggu (2/11/2014) mengatakan,kegiatan festival seni dan budaya yang akan digelar pada tanggal 19-22 November 2014 mendatang merupakan salah satu program Visi dan Misi Bupati (H Hasanuddin B) dan Wakil bupati Aceh Tenggara (H Ali Basrah) dalam memajukan dan mempromosikan berbagai obyek wisata yang ada di Aceh Tenggara seperti obyek wisata Ketambe,lokasi riset ketambe,water boom, pemandian air terjun Lawe Dua,pemandian air panas,wisata Naga Kesiangan.

Pondok wisata lawe mamas atau kerap disebut pantai goyang serta sejumlah obyek wisata lainnya yang begitu indah,menarik dan fenomenal yang terdapat di Aceh Tenggara. Rencananya festival seni dan budaya Aceh Tenggara tahun ini akan dibuka langsung oleh Dirjen Promosi dan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI dari Jakarta,acara juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh,dinas terkait yang ada di Aceh dan para tamu undangan lainnya dari luar Aceh Tenggara.

Adapun kegiatan yang digelar dan diperlombakan apda festival seni dan budaya kali ini adalah lomba drum band,lagu anak setingkat taman kanak-kanak/TK/PAUD, festival belagakh/bujang Agara usia 16-22 tahun, lomba Nasyid Rebana untuk semua umur, lomba budaya usia 16-30 tahun, lomba tarian daerah seperti tari saman,tari kreasi tradisional,tari alas kreasi dan tari alas/mesekat. Bagi yang berminat untuk menjadi peserta berbagai perlombaan acara festival seni dan budaya yang begitu semarak dan akan berlangsung sangat meriah ini dapat mendaftar ke Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh Tenggara yang belokasi di Tanah Merah Kecamatan Badar atau menghubungi langsung contact person Rudiyanto 0813 6297 6006 dan Dita 081269245849.

Hendaknya seluruh rangkaian perlombaan pada festival seni dan budaya yang nantinya akan diikuti para peserta dan segenap generasi muda Aceh Tenggara,bukanlah yang menjadi tujuan utama mereka untuk mencari dan menjadi juara saja,tetapi lebih dari itu,kita juga harus memiliki misi dan tujuan untuk mewariskan dan memperkenalkan serta membudidayakan seni,adat dan budaya yang ada di Aceh Tenggara pada khususnya,tukas Bahagia Wati.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agara juga sangat berharap even festival seni dan budaya ini juga akan dapat menjadi momentum untuk memajukan serta mempromosikan berbagai obyek wisata yang ada di bumi sepakat segenap ini.” Suatu daerah akan lebih maju jika wisatanya juga maju. Mari kita tumbuh kembangkan dan promosikan beragam obyek wisata kita yang ada di Aceh Tenggara dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Agara menjadi lebih baik kedepannya” ujar Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tenggara,Bahagia Wati.

-

Arsip Blog

Recent Posts