Gelar Budaya Aceh di ITB Diselenggarakan Februari-Maret

Bandung, Jabar - Unit Kebudayaan Aceh Institut Teknologi Bandung (UKA-ITB) akan menyelenggarakan Gelar Budaya Aceh pada 9 Februari hingga 8 Maret 2015 mendatang. GBA 2015 digelar untuk meningkatkan performa kebudayaan Aceh di tanah Jawa, khususnya di Kota Bandung. Selain itu juga untuk meningkatkan eksistensi UKA ITB di Kampus Ganesha ITB, serta menambah wawasan kebudayaan dan menambah kekompakan internal UKA.

Panitia kegiatan, Prasasti Utami, dalam surat elektronik yang diterima atjehpost.co menjelaskan, keragaman budaya Aceh yang akan diperkenalkan dan dipromosikan dalam event tersebut seperti tari Saman, Likok Pulo, Ratoh Duek.

“Aneka kuliner Aceh juga turut disajikan dalam pameran, tidak kalah juga minuman khas Aceh seperti teh tarik, kopi Aceh dan sebagainya,” kata Prasasti Utami.

Acara puncak kegiatan ini adalah pagelaran seni yang akan mementaskan panggung drama tari Sultan Iskandar Muda yang digelar di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB.

UKA-ITB adalah sebuah organisasi resmi bentukan mahasiswa Aceh di ITB. Organisasi ini terbentuk dari kesadaran para generasi muda Aceh tentang pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan Aceh khususnya di Sunda.

Organisasi yang dibentuk sejak tahun 1989 ini telah menjadi salah satu ikon utama budaya Aceh di Bandung dan sekitarnya. Selama terbentuk, UKA-ITB terus mengadakan berbagai macam kegiatan dan penampilan-penampilan kebudayaan Aceh di Kampus ITB, acara-acara di Bandung, bahkan sampai ke Jakarta.

-

Arsip Blog

Recent Posts