Jambi Kembangkan Wisata Hutan dan Air

Jambi - Pemerintah Kota Jambi 2011 akan mengembangkan kawasan suaka perikanan, holtikultura dan cagar alam hutan rengas di Danau Buluran dan Teluk Kenali di Kecamatan Telanaipura menjadi hutan wisata dan wisata air.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi Harlik ketika ditemui di Jambi, Rabu mengatakan, saat ini kawasan yang dikuasai pemerintah baru 25 ribu hektare dari 187.705 Ha.

"Ke depan hendak kita kembangkan lagi dan tidak hanya sebatas cagar alam, tapi juga akan dikembangkan dengan konsep memadukan hutan wisata dengan wisata air," katanya.

Di kawasan suaka tersebut terdapat tegakan rengas yang tumbuh secara alami dan memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi untuk hidup di dalam air. Potensi ini memiliki keunikan tersendiri, bahkan Pemkot berencana melakukan perluasan tanaman rengas dan menanam tanaman lain seperti bungur dan sungkai.

"Keragaman hayati akan terus kita kembangkan di kawasan itu dengan harapan akan mengundang burung-burung dan satwa lainnya untuk singgah dan tinggal di sana," ujarnya.

Potensi danau pun akan dikembangkan, meski di dalamnya terdapat beragam jenis ikan air tawar seperti patin, gabus dan lainnya, namun Pemkot Jambi berinisiatif melakukan penebaran setiap tahun dengan tujuan mengantisipasi terjadinya penurunan populasi.

Selain hutan rengas, satwa dan biota air, wisatawan luar akan menyaksikan langsung barisan keramba apung dan jala petani ikan yang menghiasi pinggiran danau. Hal ini diyakini mampu menyedot perhatian masyarakat di luar Jambi.

"Meski dengan anggaran minim, secara bertahap, rencana itu akan diwujudkan, karena perluasan kawasan hutan akan memberikan efek positif dan diyakini mampu mengurangi emisi karbon," ujar Harlik.

Data Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi pada 2008 menunjukkan total luas kawasan mencapai 187.705 Ha.

Luas kawasan hutan 55.177 Ha (29.40%), perairan dan danau 50.954 Ha (27,15%), tegakan rengas 51.192 Ha (27,27%), semak belukar 14.476 Ha (7,71%) dan luas sawah/rawa 15.906 Ha (8,47%).

-

Arsip Blog

Recent Posts