Banteng Nyasar Dibawa ke Taman Safari Pasuruan

Jember, Jawa Timur - Seekor banteng (bos javanicus) yang masuk ke pemukiman warga di Desa Balung Lor, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, berhasil diamankan kemudian dibawa ke Taman Safari Indonesia (TSI) II di Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (7/7). Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKDSA) Wilayah III Jatim di Jember, Abdullah Efendi Abbas, mengatakan, petugas Taman Safari Prigen menangkap banteng jantan itu dengan cara menggiring ke kandang yang sudah disiapkan, tanpa melukai banteng.

"Petugas dari Taman Safari Prigen berhasil menggiring banteng itu ke kandang pada Senin (6/7) malam, sekitar pukul 22.00 WIB," kata Abbas. Ia menjelaskan, banteng jantan itu mengamuk dan berusaha merusak kandang, setelah terperangkap dalam kandang yang sudah dibuat oleh petugas. "Petugas Taman Safari Prigen dan petugas BKSDA terpaksa mengikat kandang tersebut dengan tali yang sangat kuat, agar banteng itu tidak lepas dari kandangnya," katanya menerangkan.

Rencananya, kata dia, banteng jantan itu akan dibawa ke Taman Safari Prigen untuk diselamatkan dan ditempatkan di habitat baru. "Banteng yang masuk ke pemukiman warga itu sudah terusir dari kelompoknya di hutan lindung Perhutani di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, sehingga tidak mungkin petugas BKSDA mengembalikan ke habitatnya di sana," katanya menjelaskan.

Menurut dia, banteng jantan itu akan mati apabila dikembalikan ke hutan lindung Perhutani, karena kelompok banteng lainnya sudah mengusirnya. Ada kemungkinan juga, kata dia, banteng itu akan mencari habitat lain dan masuk ke pemukiman warga lagi. "Solusi yang paling aman adalah membawa banteng jantan itu ke Taman Safari Prigen. Kemungkinan banteng itu akan di bawa ke sana, Selasa ini," katanya. (OL-06)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com 7 Juli 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts