Tas Anyaman Motiv Batik Kaya Warna

Surabaya, Jatim - Bagi perempuan, tas bukan sebatas kantong untuk menyimpan barang. Berbagai kreasi ukuran, bentuk, dan warna tas jadi pemikat penampilan. Bahkan, kekayaan budaya dan tradisi Indonesia menjadi inspirasi untuk menghadirkan beragam tas colorful.

Batik yang merupakan karya asli tanah air begitu menyatu dengan kreasi handmade anyaman yang diadaptasi dari budaya Melayu. Karya memesona itu tertuang dalam tas tangan buatan anak negeri. ’’Saya mau karya Indonesia dikenal. Dan lagi batik itu tetap cantik dibuat apa aja kok,’’ jelas desainer Linette Bag Meliana Halim.

Meski sebelumnya dia menjadi distributor tas pada 2011, perempuan asli Solo tersebut banting setir untuk mewujudkan kecintaannya pada Indonesia. Sejak 2013 Meliana mengembangkan kemampuannya di bidang desain dan melahirkan karya khas anak bangsa itu.

’’Aku pikir anyaman itu ciri khas Indonesia. Hampir tiap daerah punya kreasi anyaman,’’ ujarnya saat ditemui, Minggu (11/1). Bahan yang digunakan berupa kain polyester, kemudian dianyam layaknya anyaman tikar.

Dia mengakui, polyester dipilih lantaran teksturnya mudah dibentuk. Bila memilih bahan lain, menurut dia, susah mendapat anyaman yang rapi. ’’Bahannya itu nggak keras, tapi juga nggak lemas. Pas buat jadi anyaman yang kuat,’’ ulas alumnus Fashion Design KVB College Sydney, Australia, tersebut.

Selain itu, polyester punya beragam warna yang membuat karyanya tampil fashionable. Bahan yang dianyam tanpa menggunakan mesin itu juga dipercantik batik tulis dari Pekalongan hingga Solo.

Corak kain yang dipilih bermotif kecil. Alasannya, tampilan tas tak berkesan ramai dan tetap elegan. Dua bahan itu dikombinasikan dengan kulit sapi asli di bagian holder. ’’Kalau (kulit sapi) sintetis cepat rusak dan nggak awet,’’ katanya sambil menunjukkan detail tas yang dikerjakan di Semarang itu.

Meski bercorak meriah, tas tersebut cocok dipadankan dengan berbagai busana. Bahkan, si pemakainya pun tampil stunning dan bisa mencuri perhatian. ’’Warnanya memang mencolok. Nah, itu yang bikin hidup penampilan. Tetap pas kalau warna baju monokrom,’’ ungkap Natasya yang terpikat dengan warna dan detail anyaman itu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign