Bandung Tuan Rumah Festival Budaya ASEAN

Bandung - Kota Bandung dipastikan menjadi tuan rumah Festival Pergelaran Seni Budaya Perguruan Tinggi se-Asean plus China, Korea Selatan, dan Jepang yang akan digelar di Taman Budaya Jawa Barat, 24-27 April.

"Tujuan festival seni budaya dengan mengundang perguruan tinggi dari luar negeri itu untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya negara-negara peserta," Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar Herdiwan I Suranta, di Bandung, Jumat.

Kegiatan pentas seni budaya yang bersamaan dengan peringatan 55 tahun Konferensi Asia Afrika itu diikuti perguruan tinggi negara-negara ASEAN dan Cina, Korea dan Jepang.

Beberapa kegiatan yang akan dimunculkan untuk pertama kalinya di Kota Bandung, antara lain pergelaran Tari Topeng dan Rampak Kendang Nusantara, seminar seni budaya dan festival kuliner khas dari ASEAN plus ketiga negara itu.

Menurut Herdiwan, festival itu untuk meningkatkan pengembangan potensi kepariwisataan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas kesenian dan mendorong adanya pertukaran dan pengembangan keilmuan yang terjalin atas kerjasama antar-perguruan tinggi dan masyarakat masing-masing negara.

Setiap perwakilan perguruan tinggi akan menampilkan sajian seni budaya khas masing-masing negara dan daerah yang unik, etnik.

Selain itu juga akan digelar seminar internasional tentang pelestarian dan perkembangan seni, budaya, kuliner dengan berbagai dimensi dan perspektifnya.

"Khusus untuk festival kuliner, untuk mengidentifikasi, mengembangkan dan melestarikan banyaknya ragam kuliner melalui pameran, festival, yang diharapkan dapat menjadi ajang bisnis dan daya tarik pariwisata," kata Herdiwan menambahkan. (JY)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts