Di Bali, Rhoma Irama Kecam Terorisme

Denpasar - Raja dangdut Rhoma Irama yang tampil sebagai pembicara tunggal dalam tablig akbar di Denpasar, Bali, Senin (22/3), mengatakan, Islam bukanlah agama teroris dan Islam sama sekali tidak megajarkan terorisme.

Tablig akbar tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah dari Kota Denpasar. Acara tersebut digelar Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Forum Silaturrahmi Takmir Masjid dan Mushola Indonesia (Fahmi Tamami) Bali.

Dalam ceramahnya, Rhoma Irama menyinggung soal terorisme. Pendiri dan Ketua Umum MPP Fahmi Tamami ini menegaskan, Islam bukanlah agama teroris dan tidak mengajarkan terorisme. "Tindakan terorisme bukanlah tindakan agama, melainkan tindakan atau peristiwa politik," ujarnya. Ia mengutip beberapa ayat Alquran bahwa umat Islam boleh berperang, kalau diperangi. "Jadi sifatnya defensif," tegasnya.

Dalam berperang pun ada aturannya. Misalnya, tidak boleh membunuh warga sipil atau yang bukan tentara. Juga tidak boleh membunuh perempaun, anak-anak, bahkan membunuh binatang dan tumbuhan pun tidak diperbolehkan.

Rhoma juga menyatakan, Islam adalah agama yang sangat kondusif untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan manusia. Dalam Islam ditegaskan manusia tidak berhak menghakimi aqidah (keyakinan) orang lain, kecuali Tuhan. Islam juga menghormati pluralisme. Padahal Islam juga mengajarkan hidup berdampingan secara damai dengan orang lain yang bukan hanya menjadi lips service harus benar-benar ditegakkan. Arogansi atas nama agama di bumi republik ini harus benar-benar dihapus.

Asisten I Pemkot Denpasar Nick Natawibawa mengatakan, kedatangan Rhoma Irama diharapkan membawa kedamaian di Denpasar. Ia mengutip ajaran Islam bahwa umat Islam diwajibkan melindungi kaum minoritas. "Kami, umat Hindu, di Jawa minoritas dan dilindungi. Karena itu kewajiban kami di Bali untuk melindungi umat Islam," kata Nick.

Secara khusus, Nick Natawibawa berharap Rhoma Irama menciptakan lagu dangdut tentang Denpasar. Dengan penggambaran Denpasar yang penuh toleran dan damai. "Kami ingin Pak Haji menciptakan lagu dangdut tentang Denpasar," tandas Nick yang mendapat kalungan sorban dari Rhoma Irama. (OL/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts