Sawahlunto Gelar Pesta Seni Budaya Rakyat

Padang - Jaringan Masyarakat Peduli Tradisi (JMPT) bekerjasama dengan Pemko Sawahlunto, Sumatra Barat, menggelar Pesta Seni Budaya Rakyat Sawahlunto yang multietnik pada Jumat (26/3) sore hingga Sabtu (27/3).

"Acara ini mencoba mendialogkan berbagai bentuk seni tradisi yang hidup dalam masyarakat multietnik di Kota Sawahlunto dalam sebuah pesta budaya," kata Koordinator JMPT Edy Utama ketika dihubungi, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan bertema "Perayaan Masyarakat Memperingati 100 Tahun Semen Padang" itu dilaksanakan di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto.

Dalam kegiatan ini akan ditampilkan kesenian rakyat dari Paguyuban Jawa, Sunda, Batak, dan Minang. Acara ini dijadwalkan dibuka Walikota Sawahlunto, Amran Nur, pada Jumat pukul 20.00 WIB.

"Pertunjukan ini selama dua hari sampai Sabtu malam. Minggu pagi akan ada dialog (sarasehan) budaya multienik sebagai ekspresi kultural," kata Edy.

Kota Sawahlunto berjarak sekitar 94 km dari Kota Padang. Kota berpenduduk 50 ribu jiwa lebih itu memiliki beragam etnis besar mulai Minang selaku tuan rumah, Jawa, Batak, Bugis, Madura serta keturunan Tionghoa.

Banyaknya pekerja tambang dari berbagai etnis yang datang ke Sawahlunto membuat kota ini kaya akan keragaman warisan seni dan budaya. Keragaman warna seni dan budaya ini tetap dipertahankan masyarakat Sawahlunto hingga sekarang. (Ant)

Sumber: http://sosialbudaya.tvone.co.id
-

Arsip Blog

Recent Posts