Pesona Papua Pukau Masyarakat Gottingen

Presentasi pesona alam Papua oleh mahasiswa program S3 dari Universitas Cendrawasih tampak memesona sekitar 100 undangan yang menghadiri acara temu masyarakat dan peringatan ulang tahun ke-34 Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Gandhi Haus, aula asrama mahasiswa Universitas Gottingen.

Presentasi menampilkan informasi mengenai budaya dan daerah tujuan wisata di Papua seperti taman laut Raja Empat, Danau Sentani dan Lembah Baliem itu, memberikan wawasan mengenai keanekaragaman dan keindahan Papua kepada hadirin, demikian keterangan pers KJRI Hamburg seperti dikutip Antara, Jumat (26/3).

Temu masyarakat dan peringatan HUT PPI Gottingen itu dihadiri Konsul Jenderal RI Hamburg dan Ny Teuku Darmawan serta Koodinator Fungsi Pensosbud dan Fungsi Konsuler, masyarakat Indonesia di Gottingen dan sekitarnya, serta staf pengajar di Universitas Gottingen dan mahasiswa asing di perguruan tinggi tersebut.

Konsul Jenderal RI Hamburg Teuku Darmawan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada PPI Gottingen dan terima kasih atas berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini, baik untuk kepentingan anggota maupun dalam mempromosikan budaya Indonesia di Gottingen dan sekitarnya.

Menurut Teuku Darmawan, PPI Gottingen banyak membantu KJRI Hamburg, antara lain mengenai pendataan mahasiswa dan anggota masyarakat Indonesia di Gottingen dan sekitarnya, khususnya pada pelaksanaan pemilu lalu, serta mempersatukan ikatan tali persaudaraan di antara sesama mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Gottingen dan sekitarnya.

Sementara itu Ketua PPI Gottingen, Condro Wibowo, menyampaikan bahwa organisasi pelajar di Gottingen sudah terbentuk sejak tahun 1976, namun baru terdaftar sebagai organisasi mahasiswa pada 1990. Dikatakan, banyak dari para alumni Universitas Gottingen yang berhasil dan menduduki jabatan penting di Indonesia.

Selain itu, Ketua PPI menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Konsul Jenderal RI berserta staf yang sangat memperhatikan dan membantu kegiatan kemasyarakatan dan PPI di Gottingen.

Pada kesempatan yang sama, Fungsi Konsuler KJRI Hamburg memberikan pelayanan antara lain lapor diri bagi mahasiswa yang baru datang atau pindah alamat serta informasi mengenai peraturan kekonsuleran seperti prosedur penggantian paspor baru, lapor diri, legalisasi dan penjelasan mengenai UU No.12 tahun 2006 mengenai kewarganegaraan.

Saat ini terdapat 60 mahasiswa program S2 dan S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang sedang menimba ilmu di Universitas Gottingen.

Mereka itu umumnya dosen dari perguruan tinggi negeri seperti IPB Bogor, UGM Yogyakarta, UNDIP Semarang, UNSOED Purwokerto, Universitas Tadoluko, Palu, Unsyiah Aceh dan UNCEN Papua yang mendapatkan bea siswa dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Diknas atau Deutcher Akademicher Austausch Dienst (DAAD).

Acara semakin akrab dan meriah dengan ditampilkannya berbagai tarian seperti Manuk Rawa dari Bali, tari Payung dari Sumatra Barat, dan lagu-lagu pop serta dangdut yang dibawakan mahasiwa anggota PPI serta staf KJRI di Hamburg, dan diakhiri santap bersama dengan sajian berbagai jenis makanan Indonesia, antara lain dari daerah Aceh, Papua, Bali dan Jawa Barat. (Ant/Ol-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts