Seratus Lukisan Tampil pada Pameran Anak Nusantara

Manado - Sekitar 100 buah karya lukis dari berbagai daerah di Indonesia, ditampilkan pada pameran "Seni Lukis Jejak Anak Nusantara" di Manado, Sulawesi Utara (Sulut)yang akan berlangsung dari 29 Maret-3 April.

Pemrakarsa pameran, Johanis Saul, di Manado, Senin mengatakan, karya lukisan tersebut berasal dari 15 daerah di Indonesia, diantaranya Bali, Yogyakarta, Balikpapan, Jakarta, Papua, Sulawesi Tengah dan Sulut. "Pameran lukisan tersebut adalah bagian dari pelaksanaan kegiatan "Gelar Seni di Pangkuan Ibu Pertiwi," kata Saul.

Johanis Saul mengatakan, pameran ini akan berdampak positif bagi perkembangan seni lukis di daerah itu. "Melalui pameran tersebut, kedepan nanti akan tercipta jaringan antar pelukis nusantara dalam mengembangkan seni lukis," katanya.

Dia menambahkan, pameran yang dilaksanakan di pusat perbelanjaan Atrium Megamall itu, dalam rangka mensukseskan Manado sebagai Kota Parawisata Dunia 2010.

Kasubdin Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulut, Noch Mangelep menilai kegiatan ini adalah suatu langkah tepat dalam meningkatkan kreativitas seniman muda daerah itu.

Kegiatan ini menjadi media penting dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) kesenian, guna menggali bakat-bakat yang dimiliki generasi muda di daerah itu. "Pameran ini sekaligus untuk memperkenalkan karya-karya anak bangsa kepada masyarkat luas," katanya.

Selain pameran lukisan jejak anak nusantara, selama sepekan pelaksanaan Gelar seni di Pangkuan itu pertiwi, juga menyelenggarkan beberapa kegiatan diantaranya seminar lukis anak, wisata seni serta lomba seni lukis anak. (JY)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts