Seni Budaya Lokal Harus Dilindungi

Yogyakarta - Seni dan budaya lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) harus dilindungi agar menjadi aset wisata yang memiliki daya tarik, sehingga banyak wisatawan mengunjungi daerah ini, kata praktisi seni budaya Widi Utaminingsih.

"Misalnya melalui Festival Kesenian Yogyakarta yang digelar setiap tahun, merupakan bagian dari upaya melestarikan serta melindungi aset seni dan budaya lokal daerah ini," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta ini, Sabtu.

Menurut dia, dalam penyelenggaraan festival tahunan itu ditampilkan beragam jenis atraksi seni dan budaya lokal. "Terlepas dari berhasil atau tidaknya festival ini, satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah mendorong serta melindungi budaya lokal tersebut," katanya.

Ia mengingatkan jika tidak dilindungi sejak sekarang, dikhawatirkan beragam jenis seni dan budaya itu punah akibat kemajuan zaman.

Oleh karena itu, menurut dia, digelarnya berbagai festival seni merupakan salah satu upaya menumbuhkembangkan budaya lokal agar tetap eksis.

Widi mengatakan Yogyakarta sebagai kota wisata harus memperbanyak kegiatan, termasuk menyajikan wisata budaya lokal, sehingga wisatawan yang berkunjung ke daerah ini dapat menikmatinya.

"Sajian wisata budaya lokal tersebut diharapkan memberi kenangan indah bagi wisatawan setelah mereka kembali ke daerah asalnya," kata Widi yang yayasannya bergerak di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Untuk itu, menurut dia perlu kepedulian para pemangku kepentingan pariwisata di DIY dengan ikut melestarikan seni budaya lokal yang tumbuh di masyarakat. (U.H008/R009)

Sumber: http://www.antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts