Sambut Kemerdekaan RI, Fakultas Teknik Ubaya Menggelar Eksotika Budaya Indonesia

Surabaya - Fakultas Teknik Jurusan Informatika Universitas Surabaya (Ubaya) bekerjasama dengan Pakuwon Grup menggelar rangkaian acara yang dikemas dalam “Eksotika Budaya Indonesia”, 14-16 Agustus 2009, di Atrium Supermal.

Rangkaian acara itu meliputi Operet Multimedia, Pameran Karya Terbaik Mahasiswa Teknik Informatika, Live Digital Painting Show, Photo Make Over, Digital Photo Gallery, Customizable T-Shirt, Lomba PaperCraft dan sebagainya.

BAGUS SANTOSO Koordinator Program Multimedia Fakultas Teknik Jurusan Informatika Ubaya pada suarasurabaya.net, Jumat (14/08), mengatakan, pagelaran operet multimedia mengisahkan beberapa cerita rakyat yang dikemas menarik dengan menggunakan LED Screen, yang menggabungkan unsur teater dan multimedia.

Sedangkan pada Pamer Karya Mahasiswa akan menggelar beberapa karya terbaik mahasiswa Progran Multimedia, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Sementara itu., pada ajang Live Digital Painting Show, para pengunjung yang berminat dapat memperoleh hasil olah foto dirinya dalam bentuk Digital Painting. Selama proses pengerjaan, pengunjung dapat melihat langsung cara pengerjaan digital painting yang dtayangkan melalui LCD TV.

Menurut BAGUS, kegiatan ini kali pertama dan melibatkan 70 mahasiswa dalam kepanitiaan. Untuk pengunjung, ditargetkan dari seluruh mahasiswa. “Kegiatan ini ditujukan supaya mahasiswa Ubaya lebih menghargai budaya Indonesia sekaligus mengajak masyarakat lebih mencintai budaya Indonesia melalui acara yang digelar,”ujarnya.

Banyak aktivitas yang akan melibatkan pengunjung. Diantaranya, sebuah Mossaik Reog Ponorogo dimana bulu-bulu dadanya dibuat dari kertas. Di kertas tersebut, setiap pengunjung bisa menuliskan komentarnya, seperti, bangganya menjadi bagian masyarakat Indonesia. Pengunjung yang memberikan komentarnya dan ditempel di bulu dada Rego akan mendapat suvenir menarik.

Seluruh arena pameran, kata BAGUS, didesain bernuansa etnik termasuk stiker yang dibagikan ke pengunjung berkarakter budaya Indonesia seperti tokoh Hanoman, Srikandi, Gatutkaca, Unyil, Pak Raden dan sebagainya.

“Sebagian adalah karya mahasiswa pada semester lalu tentang budaya Indonesia. Dalam pameran kali ini didesain ulang. Eksotika Budaya Indonesia ini, sekaligus persembahan menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-64 dimana selaras dengan tema Pakuwon Grup yakni Kemilau Indonesia,”pungkasnya. (Noer Soetantini)

Sumber: http://kelanakota.suarasurabaya.net
-

Arsip Blog

Recent Posts