Ujong Serangga Diminati Warga Selama Ramadhan

Aceh Barat Daya, NAD - Ujong Serangga merupakan hamparan pantai yang berada dalam kawasan Desa Padang Baru, Aceh Barat Daya (Abdya), NAD. Sejak lama, pantai ini menjadi lokasi wisata domestik, terutama pada hari-hari libur. Beberapa keunggulan pantai ini menjadi daya tarik pengunjung. Selain panorama alam menawan, Ujong Serangga merupakan lokasi Dermaga Pelabuhan Susoh dan lokasi Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), meskipun nelayan lebih senang mendaratkan ikan hasil tangkapan di atas hamparan pantai di lokasi.

Seperti biasa, Pantai Ujong Serangga menjadi salah satu sasaran kunjungan selama bulan Ramadhan. Didukung pemandangan alam indah menawan dengan lekuk garis pantai yang begitu mempesona menjadikan pantai ini ramai dikunjungi warga, baik pagi, siang dan sore menunggu saat-saat berbuka. Warga dari Blangpidie dan Susoh, terutama remaja, selepas shalat subuh beramai-ramai mengunjungi cerocok (pelabuhan) Ujong Serangga. Sebagian warga lainnya menuju hamparan pantai lokasi pendaratan ikan, tidak jauh dari lokasi pelabuhan. Pagi hari, selama Ramadhan, lokasi dikunjungi ribuan warga mencari ikan basah, jenis ikan karang yang segar berbaur dengan penggalas ikan.

Menjelang siang, Dermaga Pelabuhan Ujong Serangga menjadi arena penyalurkan hobi bagi warga untuk memancing. Bukan warga biasa, melainkan banyak para pejabat sabar memancing dari atas dermaga sekadar mencari kesibukan di sela-sela menjalankan ibadah puasa. Selama Ramadhan, dermaga pelabuhan ini menjadi idola kunjungan warga menunggu waktu berbuka. Mereka datang dengan kendaraan roda dua dan empat bersama anggota keluarga. Memasuki hari kelima Ramdhan 1430 H, Rabu (26/6), Pantai Ujong Serangga semakin ramai dikunjungi warga, terutama dari Blangpidie dan Susoh.

Dari atas dermaga, selain menyaksikan banyak warga asyik memancing dan dapat pula melihat kesibukan nelayan turun ke laut, baik menggunakan perahu pancing atau boat ikan. Dari atas dermaga ini pula kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona. Seperti pemandangan Gosong Sangkalan (sebuah pulau kecil yang teronggok di tengah laut) arah selatan atau pemandangan kawasan Ujong Raja arah barat. Keunggulan yang dimiliki menjadikan Ujong Serangga menjadi primadona kunjungan selama bulan Ramadhan. (zainun yusuf)

-

Arsip Blog

Recent Posts