Depbudpar Usulkan Rp 340 M untuk Dana Promosi Pariwisata 2009

Jakarta- Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) mengusulkan kepada DPR RI anggaran dana promosi pariwisata sebanyak Rp 340 miliar.

“Untuk 2009 kita mengusulkan dana promosi sebanyak Rp 340 miliar. Itu untuk keseluruhan dana promosi pariwisata dalam negeri dan dana promosi pariwisata Indonesia di luar negeri,” kata Sekjen Depbudpar, Wardiyatmo, dalam diskusi kepariwisataan di Jakarta, Kamis.

Wardiyatmo mengatakan, dana Rp 340 miliar tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan dana promosi pariwisata 2007 sebesar Rp 150 miliar (15 juta dolar AS dengan kurs Rp 10.000).

Dana promosi sebanyak itu, katanya, juga digunakan untuk mempromosikan VIY (Visit Indonesia Year) 2009 yang mengambil tema MICE dan wisata bahari.

Meskipun begitu, Wardiyatmo mengatakan, dana promosi pariwisata Indonesia kalah jauh dengan dana promosi pariwisata Malaysia yang mencapai 100 juta dolar AS pada 2008.

Sementara alokasi dana promosi pariwisata Depbudpar pada 2007 hanya Rp 900 miliar dan hanya Rp 751 miliar pada 2006.

Padahal badan pariwisata dunia (WTO) menyatakan, bila akan menjaring satu orang wisatawan, maka dibutuhkan dana 10 dolar AS.

Sedangkan Menteri Pelancongan Malaysia, YB Datuk Seri Tengku Adnan Bin Tengku Mensor, ketika meluncurkan program Visit Malaysia Year 2007 di Jakarta pada akhir 2006 mengatakan, Kementerian Pelancongan Malaysia mendapatkan dana pariwisata dari pemerintah Malaysia sebanyak 500 juta dolar AS untuk masa lima tahun mulai 2007.

Untuk tahun 2007, Kementerian Pelancongan Malaysia mendapatkan dana pariwisata sebesar 80 juta dolar Amerika dan sekitar 60 juta dolar AS untuk tahun 2006. (Ant/v)

Sumber: http://hariansib.com (16 November 2008)

Related Posts:

-