Borobudur dan Prambanan Siap Terima Wisatawan

Yogyakarta- Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Candi Prambanan di wilayah perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah serta Taman Wisata Ratu Boko saat ini siap menerima kunjungan wisatawan masa liburan lebaran 2008.

Direktur Operasional dan Pengembangan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB), Ir Guntur Purnomo Adi di Yogyakarta, Selasa, mengatakan untuk menyambut libur lebaran tahun ini pihaknya siap menerima kunjungan wisatawan baik yang tengah mudik maupun berlibur di Yogyakarta.

Didampingi sekretaris perusahaan Moh Djamhari dan para kepala unit di lingkunan BUMN itu, ia menambahkan kesiapan untuk menyambut kedatangan wisatawan liburan itu antara lain berkoordinasi dengan Satlantas dan DLLAJ setempat.

"Kami berkoordinasi untuk membuat jalur kunjungan wisatawan serta masalah pengamanan, kebersihan dan keserasian sehingga diharapkan dapat memenuhi Sapta Pesona Pariwisata," katanya.

Ia mengatakan untuk menyambut kedatangan wisatawan tersebut, pihaknya juga menyiapkan gelar kesenian tradisional mulai hari H hingga H+10 lebaran atau 1-12 Oktober 2008, baik di Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan maupun Ratu Boko.

Di Candi Borobudur rencananya dipentaskan jatilan/kuda lumping, musik rebana, tari topeng purba, wayang kulit padat, pertunjukan musik, tari topeng kawedar dan tari dayakan.

Sedangkan di taman wisata Candi Prambanan para tamu disambut dengan sajian pentas musik, jatilan, pertunjukkan badut, musik keroncong, coekekan dan tarian tradisonal lainnya.

"Untuk taman wisata Candi Boko disiapkan pentas jatilan anak, musik campursari dan siteran. Sementara di panggung terbuka disiapkan pentas sendratari Ramayana baik yang bersifat reguler maupun pentas tambahan," katanya.

Menyinggung kenaikan biaya tanda masuk, ia mengatakan mengalami kenaikan. Misalnya di Candi Borbudur dari semula Rp9.000 naik menjadi Rp10.000 per orang, di Candi Prambanan dari Rp8.000 naik menjadi Rp10.000 per orang.

"Sedangkan di taman wisata Ratu Boko tiketnya naik dari Rp7.000 menjadi Rp8.000 per orang," katanya.

Menurut dia, selama libur lebaran pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur sebanyak 300.000 orang, Candi Prambanan 10.000 pengunjung dan Ratu Boko 3.000 pengunjung, serta sendratari Ramayana di teater terbuka sebanyak 3.000 orang. "Saya optimistis target kunjungan sebanyak itu akan tercapai mengingat jumlah kunjungan tahun lalu juga meningkat," kata Guntur Purnomo Adi. (ANT)

Sumber: www.kompas.com (23 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts