Goa Seplawan Dikunjungi Ribuan Wisatawan

Semarang - Sekitar 1.600 wisatawan pada libur panjang Lebaran 2008 mengunjungi objek wisata Goa Seplawan di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jateng.

"Wisatawan mengagumi keberadaan ornamen alami yang cantik dan indah menyerupai ikan di sepanjang dinding di Goa Seplawan," kata Dwi Astuti, seorang pemerhati kepariwisataan di Purworejo, Selasa.

"Keindahan goa yang demikian itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi objek wisata ini pada libur biasa maupun libur panjang Lebaran, dan kenaikan/kelulusan kelas," katanya ketika dihubungi dari Semarang.

"Di dalam goa ini pengujung selain bisa melihat keindahan ornamen yang artistik yang menghiasi dinding goa sepanjang sekitar 700 meter, juga sajian alami stalagmit dan stalaktit," katanya menambahkan.

Menurut Dwi, goa ini memiliki banyak cabang (lorong). Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah diterangi dengan penerangan yang memadai.

Satu hal yang menarik pada objek wisata ini adalah, adanya gardu pandang dengan latar belakang Gunung Kelir.

Melalui gardu pandang ini, pengunjung dapat menikmati indahnya panorama alam dengan latar belakang Gunung Kelir. Bahkan jika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat jelas Kota Yogyakarta.

Dari kota Purworejo perjalanan menuju ke goa ini membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam. Jalan menuju lokasi objek wisata ini cukup baik. Area parkir bagi kendaraan bermotor roda dua, empat, dan bus juga memadai.

Berdasarkan data yang ada, wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini pada libur panjang Lebaran 2008 di antaranya dari Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, dan Bandung.

Mengenai objek wisata alam andalan Kabupaten Purworejo lainnya adalah Pantai Jatimalang, Pantai Pasir Puncu/Ketawang, air terjun Curug Muncar, serta Goa Silambu. (Ant/OL-06)

Sumber: www.mediaindonesia.com (7 Oktober 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts