Pawai Budaya Meriahkan Peluncuran VBAY 2011

Banda Aceh, NAD - Peluncuran Visit Banda Aceh Year (VBAY) 2011 dengan tema “Peumulia Jamee Adat Geutanyoe”, Sabtu (29/1) pagi hingga malam tadi, dimeriahkan pula dengan serangkaian hiburan berupa pentas musik dan pawai budaya.

Ratusan peserta yang terdiri dari anak sekolah, 30 sanggar seni, kepala SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh, dan para keuchik, kemarin, dengan pakaian adat nusantara, mengikuti pawai budaya. Mereka berjalan kaki mulai dari Blangpadang menuju Simpang Jam, melintasi Jalan Tgk Abu Lam U dan finish di Taman Sari, depan Balai Kota Banda Aceh.

Tak lama tiba di Taman Sari, hujan deras pun mengguyur taman jantung kota itu yang sudah dipenuhi ratusan masyarakat dari Kota Banda Aceh dan sekitarnya yang ingin menyaksikan atraksi budaya, drumband, parade putroe bungong, Agam Inong Kota Banda Aceh, barongsai, debus, Rapai Geleng, musik etnik Aceh, Rafli, Teuku Wisnu, dan Nova Eliza.

Ketua pelaksana acara yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh, Drs Reza Fahlevi MSi, mengatakan rangkaian kegiatan dalam ranka menyambut dan memeriahkan VBAY 2011 tersebut sudah dimulai sejak awal Januari ini. “Kita membuat aneka lomba dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 38 juta,” katanya kepada Serambi, di sela-sela acara pawai budaya, kemarin.

Dikatakannya, kesuksesan pawai budaya Sabtu (29/1) kemarin, juga menandakan bahwa masyarakat Kota Banda Aceh telah siap menyambut wisatawan dalam maupun luar negeri yang akan mengunjungi objek-objek wisata di Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh yang telah melabelkan dirinya sebagai Bandar Wisata Islami Indonesia.

Sementara itu, Kabag Humas Pemko Banda Aceh yang ditemui Serambi di Taman Sari menyebutkan, kemeriahan pelaksanaan grand lounching VBAY 2011, sudah dimulai Jumat (28/1), menghadirkan pentas musik Aceh, Sabtu (29/1), pawai budaya, dan Minggu (30/1) diakhiri dengan Fun Bike, yang dimulai pukul 07.00 WIB dari Blang Padang, Ulee Lheue, Sp Rima, Braden, Lamlom, dan finish di Lampuuk.

“Pada pentas musik Aceh Jumat (28/1) dua hari lalu, pukul 16.00 WIB-23.00 WIB di Taman Sari, menampilkan kreativitas dan karya dari grup-grup band indie di Aceh, seperti Micro 51, Aceh Musik Session, X-Box, Panteue Community, dan Seuramoe Reggae,” sebut Mahdi.

Ditambahkan Mahdi, Sabtu malam, pukul 20.0 WIB di depan Balai Kota, Wali Kota, Mawardy Nurdin, dan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, saling berbalas pantun Aceh, sebelum membuka acara puncak Grand Launching VBAY 2011.

Kemudian acara diisi dengan rapai geleng massal, penampilan Koda, Rafli, Moritza, Liza Aulia, puisi wisata, dan tarian guel. Kegiatan yang dikemas secara spektakuler dan kolosal ini juga turut dihadiri binta sinetron Indonesia asal Aceh, Teuku Wisnu dan Nova Eliza, sebagai bintang tamu.

“Pemeran Farel dalam sinetron Cinta Fitri ini akan bersilaturrahmi dengan warga Kota Banda Aceh. Ini adalah momentum Teuku Wisnu dan Nova Eliza bersua dengan masyarakat Banda Aceh setelah sekian lama tak pulang ke Aceh, tanah endatu mereka,” kata Mahdi.

-

Arsip Blog

Recent Posts