Daerah Silahkan Kembangkan Potensi Wisata

Tanjungpandan, Bangka Belitung- Setiap daerah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipersilahkan mengembangkan potensi pariwisata daerah untuk menarik wisatawan mancanegara maupun wisatawan dalam negeri. Daerah mempunyai hak mengembangkan potensi pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi ditemui wartawan usai rapat Sail Indonesia 2008 di ruang sidang Setda Kabupaten Belitung, Kamis (18/9) mengatakan, potensi wisata di setiap daerah di Provinsi Babel berbeda-beda. “Tidak ada daerah yang dianaktirikan, semuanya sama. Masing-masing daerah silahkan mengembangkan potensi wisata didaerahnya,” kata Yan.

Yan mencontohkan, jika Kabupaten Belitung fokus mengembangkan wisata bahari, maka dipersilahkan mengembangkan wisata bahari itu. Namun, jika Pangkalpinang berpotensi mengembahkan bidang jasa pariwisata, maka tidak mungkin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel memaksakan untuk mengembangkan wisata bahari seperti pada Kabupaten Belitung.

Demikian pula dengan budaya. Meskipun Pulau Belitung dan Pulau Bangka menjadi satu kesatuan dalam Provinsi Babel tapi soal seni budaya masyarakat memiliki keragaman yang berbeda dan unik. Karena itu tiap daerah dipersilahkan mempromosikan seni budayanya.

Program visit Babel Archipelago 2010 yang menurut rencana akan diluncurkan pada 12 Oktober 2008 bertepatan dengan pelaksanaan Sail Indonesia 2008 di Pantai Tanjung Kelayang Desa Keciput Kecamatan Sijuk hanya merupakan gong untuk menggali lagi potensi wisata di Provinsi Babel. “Pada akhirnya adalah mempromosikan wisata kita dengan tujuan akhirnya menarik para wisatawan mancanegara maupun wisatawan dalam negeri,” kata Yan. (h4)

Sumber: www.bangkapos.com (22 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts