Siger dan Kain Tapis Lampung Temani Elfin di Miss International

Jakarta - Busana nasional bertema "Tale of Siger Crown" akan menemani Putri Indonesia Lingkungan 2014, Elfin Pertiwi Rappa, berlaga di ajang Miss International 2014.

Busana hasil rancangan Dynand Fariz itu terdiri atas Siger (mahkota) dan kain Tapis Khas Lampung.

"Tahun lalu yang diperkenalkan Reog Ponorogo. Tahun ini kita ingin mengangkat budaya daerah lain, Lampung," ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan Putri Indonesia (YPI), Putri K. Wardani, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut diungkapkan, Siger merupakan mahkota khas Lampung yang dikenakan oleh setiap pengantin perempuan di Lampung. Mahkota ini dianggap merupakan salah satu harta terpendam milik Indonesia yang berasal dari Provinsi Lampung.

Siger ini dikombinasikan dengan kain Tapis Lampung yang juga merupakan poin penguat kostum yang akan dikenakan Elfin nanti. Busana nasional seberat 15 kilogram itu didominasi warna emas ditambah sedikit warna merah dan hitam di bagian belakangnya.

Dominasi warna emas juga nampak pada hiasan kepala, tangan dan kaki. Dalam kostum ini hal yang ingin ditunjukan ialah perempuan sebagai sosok inspirasi dari setiap keluarga yang memiliki sikap lembut namun berhati tegar, rapuh namun kuat tegak berdiri, dicintai dan dapat mengatur semua kebutuhan keluarga.

-

Arsip Blog

Recent Posts