Museum Berperan Wariskan Nilai Budaya

Bantul, DIY - Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DIJ GBPH Yudhaningrat me-negaskan, museum tidak hanya media ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga media pelestari kebudayaan. “Gubernur juga berpesan, kita jangan melupakan budaya tani dan berlayar. Kita tahun Jogjakarta merupakan daerah agraris, sehingga perlu diberi arahan dalam pelestariannya,” kata Gusti Yudha dalam pembukaan Gebyar Museum 2014 di Museum Tani Jawa Jogjakarta, Candran Kebinagung Imogiri Bantul, kemarin (10/10).

Gusti Yudha mengungkapkan, DIJ memiliki kekayaan museum. Sedikitnya ada 47 museum atau 20 persen dari jumlah total museum di Indonesia. Selain meny-impan benda sejarah, museum-museum di Jogjakarta juga memiliki peran dalam pelestarian nilai-nilai seni dan budaya.

Dalam kesempatan ini Gusti Yudha juga mengapresiasi langkah warga Candran Kebonagung Imogiri. Menanti masa panen padi selama 3 bulan, warga tidak tinggal diam. Dengan memanfaatkan potensi agraris menjadi potensi kunjungan wisata. Dengan memanfaatkan waktu senggang ini, petani memiliki kegiatan lain. Terlebih kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat dalam pemasukan ekonomi.

Selain itu dengan cara seperti ini maka pelestarian nilai-nilai budaya agraris tetap bisa berjalan. “Sehingga tidak hanya menunggu waktu wiwitan tandur. Untuk itu dalam waktu senggang tersebut profesi tidak hanya sebagai petani, tapi juga berbisnis. Sehingga tidak hanya bergantung pada satu mata pencaharian saja,” katanya

Asisten Administrasi Umum Pemkab Bantul Sunarto mengatakan, program ini merupakan inovasi. Paket desa wisata dapat bersanding dan mempercantik wajah museum. “Tentunya ini juga berdampak pada jumlah kunjungan, bahkan ekonomi masyarakat sekitar,” katanya.

Dirinya optimistis bahwa program Gebyar Museum 2014 dapat meningkatkan gairah kunjungan. Dengan berkunjung langsung, maka pengunjung akan lebih mengenal lebih dekat. Selain itu juga dapat melihat dinamika unsur kekayaan museum. “Salah satu program adalah revitalisasi museum yang dinamis dan daya guna. Dengan adanya program ini turut mengajak kepedulian terhadap warisan budaya bangsa,” kata Sunarto.

-

Arsip Blog

Recent Posts