Pesta Sate Semarakan Idul Adha di Palembang

Palembang, Sumsel - Pesta sate daging sapi dan kambing hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha menambah semarak lebaran yang dikenal warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, dengan sebutan Hari Raya Haji itu.

Perayaan lebaran hari raya haji atau idul kurban di Palembang, Minggu, dengan kegiatan pesta bakar sate daging hewan kurban yang digelar warga kota di sejumlah kawasan permukiman penduduk tampak cukup semarak karena warga berkumpul di lapangan dan halaman rumah warga untuk mempererat tali silaturahmi.

Berdasarkan pantauan, tampak warga memanfaatkan momentum hari besar agama Islam itu saling mengunjungi guna mempererat tali silaturahmi dan menggelar pesta sate daging sapi dan kambing yang diperoleh dari sanak keluarga atau hasil kegiatan memotong hewan kurban sendiri.

Suasana semarak lebaran idul kurban itu terutama pada kawasan permukiman penduduk di pinggiran kota seperti kawasan Perumnas Kenten Sako, Kampung 5 Ulu Laut, kawasan Tangga Buntung dan Komplek Villa Gardena Km 11 Palembang.

Kegiatan bakar sate di kawasan permukiman penduduk tersebut tampak semakin seru hingga Minggu malam, karena tamu yang datang ke rumah-rumah penduduk terutama yang menggelar pesta sate semakin ramai.

Salah seorang warga Komplek Villa Gardena Nova mengatakan, dia sengaja membuat pesta bakar sate pada lebaran idul kurban ini karena bersama keluarga melakukan pemotongan satu sapi.

Sesuai ketentuan daging hewan kurban tersebut telah dibagikan kepada fakir miskin dan warga yang berhak menerimanya, serta beberapa bagian jatah pemilik kurban dibagi-bagikan kepada tetangga dan sanak keluarga serta sebagian dimakan bersama-sama dalam bentuk sate.

Dengan kegiatan pesta sate daging hewan kurban itu, suasana hari raya haji ini semakin seru serta bisa lebih mempererat rasa kekeluargaan atau tali silaturahmi antartetangga, teman sejawat, serta sanak keluarga, ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts