Sultan Salehoeddin II Nikmati Kampong Kutai

Tenggarong, Kaltim - Sultan Kutai Ing Martadipura HAM Salehoeddin II mengunjungi arena Sepekan Kampong Kutai Tempo Dulu. Dia terlihat menikmati gambaran suasana permukiman masyarakat Kutai asli.

"Sudah dua hari berturut-turut saya ke sini. Saya suka dan menikmati suasana seperti ini," ujar Sultan Kutai ke-21 tersebut, saat keluar dari salah satu bangunan berdinding nipah, Kamis (16/10).

Di rumah itu, Sultan duduk di lantai bersama penghuni rumah. Dia juga menyantap salah satu masakan khas Kutai yaitu bubur jalo. Dia didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kukar Sri Wahyuni.

Sultan mengapresiasi acara Sepekan Kampong Kutai Tempo Dulu. Menurutnya, kegiatan tersebut untuk melestarikan adat dan tradisi masyarakat. Sehingga generasi saat ini bisa melihat dan melestarikannya. Tentu saja, sebagai daya tarik wisata. "Dulu di lingkungan istana, kami juga punya pondok seperti ini. Gunanya untuk bersantai, sekaligus menikmati suasana kampung," ujarnya.

Dia berharap, bangunan yang ada di arena Sepekan Kampong Kutai Tempo Dulu itu tidak dibongkar.

Sementara Sri mengatakan, karena letaknya di jalur hijau tepi Sungai Mahakam, bangunan tersebut tidak dibuat permanen dan akan dibongkar usai kegiatan. "Insya Allah kami akan memindahkan atau membuat bangunan serupa yang permanen. Rencananya di areal Museum Kayu," ujar Sri.

-

Arsip Blog

Recent Posts