Karnaval Seni Budaya Purworejo Meriah

Purworejo, Jateng - Parade seni dan budaya dalam bentuk karnaval di Kabupaten Purworejo berlangsung meriah. Masyarakat berjubel di sepanjang jalan yang menjadi jalur karnaval itu. Karnaval seni dan budaya melibatkan seluruh perwakilan dari kecamatan yang ada di Purworejo.

Namun dalam parade seni dan budaya tradisional dalam bentuk karnaval itu, banyak didominasi kesenian tradisional kuda lumping. “Kuda lumping masih menjadi kegemaran masyarakat, bahkan hampir seluruh desa dan kelurahan di Purworejo memiliki grup kuda lumping,” kata Ketua Panitia Kegiatan Drs H Muh Wuryanto MM, Jumat (10/10/2014) malam.

Selain kuda kepang, kesenian tradisional dolalak juga cukup banyak namun tidak sebanyak kuda lumping. “Kontingen dari Kecamatan Purwodadi memadukan antara kesenian kuda lumping dengan dolalak,” jelas Muh Wuryanto yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Purworejo ini.

Perjalanan karnaval ini lanjut Muh Wuryanto hanya dibatasi keliling Alun-alun besar Purworejo dengan mengambil star di Jalan Proklamasi depan Kantor Bupadi, dan puncaknya di depan panggung kehormatan di depan rumah dinas bupati di Jalan Dr Setiyabudi. “Masing-masing diberi kesempatan tiga menit untuk tampil di depan panggung kehormatan,” jelasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts