Kota Bengkulu Bakal Gelar Seminar Kebudayaan Tabot

Bengkulu - Pemerintah Kota Bengkulu akan menggelar seminar kebudayaan Tabot bersamaan dengan kegiatan Festival Tabot 2014 di Bengkulu, 25-10 November mendatang.

"Saat Festival Tabot digelar kami akan menggelar seminar kebudayaan Tabot di Bengkulu. Ini dilakukan untuk mendapatkan masukan guna meningkatkan kualitas Festival Tabot Bengkulu ke depan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreaktif (Disparekraf) Bengkulu Bujang HR kepada SP, di Bengkulu, beberapa hari lalu.

Ia mengatakan, seminar kebudayaan Tabot akan mengundang berbagai pihak di Bengkulu, di antaranya Keluarga Kerukunan Tabot (KKT), pemerintah, kalangan akademisi, budayawan dan pemerintah pusat.

Selain itu, seminar yang akan dilaksanakan di Balai Adat Bengkulu juga akan menghadirkan pembicara dari kedutaan Iran di Jakarta. "Kami berharap mereka bersedia datang ke Bengkulu untuk menjadi pembicara dalam seminar tersebut," ujarnya.

Bujang mengatakan, untuk menyukseskan Festival Tabot Bengkulu 2014 pihaknya telah menganggarkan dana sekitar Rp 300 juta. Uang tersebut akan dibagikan kepada KKT setempat untuk biaya pembuatan Tabot.

Sampai saat ini, kata dia, persiapan Festival Tabot Bengkulu sudah mencapai 80 persen. Berbagai acara pendukung Festival Tabot pun sudah dipersiapkan dengan baik.

Dalam Festival Tabot Bengkulu akan digelar berbagai kegiatan, di antaranya bazar berbagai produk lokal dari berbagai provinsi di Tanah Air, pagelaran seni budaya, lomba kesenian tradisional masyarakat 10 kabupaten dan kota di Bengkulu, dan kegiatan lainnya yang bernuasa Islam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bengkulu Edi Nevian mengatakan, pelaksanaan Festival Tabot 2014 siap digelar pada 25 Oktober mendatang.

"Kami pastikan Festival Tabot 2014 di Bengkulu, siap digelar akhir Oktober nanti, karena persiapan untuk menyelenggarakan kegiatan yang merupakan kelender tetap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bengkulu sudah dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts