Sensasi Jajanan Ramadan di Pasar Kaget

Batam, Kepri - Umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Batam mulai menjalankan ibadah puasa mulai Sabtu (22/8). Tak heran, berbagai kegiatan dilaksanakan di bulan yang penuh rahmat ini, termasuk banyaknya muncul pasar kaget yang menjual berbagai jenis makanan. Sensasi rasanya tak kalah dengan makanan di hotel berbintang. Itu sebabnya, pembeli bukan hanya dari umat muslim, tapi umat yang lain, serta berbagai kalangan masyarakat.

Seperti yang terlihat di pinggiran parkir pasar Mitra Raya, Batam Center. berjejer penjual buah, jajanan pasar hingga makanan seperti lempem, cucur, kue lapis, naga sari, puding buah, es cendol, es campur, kolak ubi, kolak nangka dan pisang, bubur, ikan panggang, ota-ota, dan masih banyak jenis makanan yang lainnya. Menjelang persiapan buka puasa, pasar tersebut makin ramai menjadi tempat persinggahan. Para pembeli tampak sibuk memilih berbagai jenis jajanan pasar dan berbagai minuman manis lainnya. Bukan hanya yang umat muslim, namun berbagai kalangan juga banyak membeli jajanan tersebut.

“Sebenarnya kami tidak puasa, namun pusat jajanan seperti ini hanya sekali setahun, jadi kita ikut meramaikan saja, hitung-hitung wisata kulinerlah, mencicipi berbagai jenis makanan berbuka saudara kita umat muslim,” ujar Hence Vinawati. Wanita Tionghoa ini mengaku sudah menjadi tradisi tahunan buat dia untuk selalu berkeliling mencari pasar Ramadan dan menikmati jajanan di sana. “Kalau kolak dan es cendol yang enak ada di Jodoh dekat Tanjunguma. Besok saya ke sana,” ujarnya sambil membawa sejumlah bungkusan berupa ikan bakar, sayur, aneka kue basah, dan juice. Ini membawa rejeki tersendiri bagi pedagang. Seperti diungkap Yuni dan Surti penjual jajanan di Nagoya, Penghasilannya bertambah Rp150 ribu per hari. (c)

-

Arsip Blog

Recent Posts