Pemkab Purworejo tetap Andalkan Pantai Jatimalang

Semarang, Jawa Tengah - Kabupaten Purworejo, Jateng, tetap mengandalkan Pantai Jatimalang yang terletak di Kecamatan Purwodadi, karena objek wisata ini memiliki keindahan alam pantai yang dipadu dengan asrinya alam pegunungan.

Di sekitar pinggiran pantai ini juga telah dibangun gazebo oleh Pemkab Purworejo untuk tempat beristirahat para wisatawan yang mengunjungi lokasi ini, kata Dra. Dwi Astuti, seorang pemerhati pariwisata di Purworejo, Selasa (3/3). "Jalan menuju lokasi objek wisata ini cukup baik dan lebar serta beraspal, sehingga memudahkan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati keindahan, keelokan dan keasrian pantai dan pegunungan di lokasi tersebut," katanya.

Ketika dihubungi dari Semarang, ia menambahkan, lokasi objek wisata ini sekitar 18 km selatan kota Purworejo dengan luas areal sekitar 200 hektare. Selain pemandangan alam pantainya indah, katanya, di objek wisata ini terdapat tambak udang galah dan Sungai Lereng yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berperahu santai.

Selain Pantai Jatimalang, objek wisata andalan Kabupaten Purworejo lainnya adalah Curug Muncar, sekitar 45 km barat laut pusat kota Purworejo, dan Goa Seplawan di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Curug Muncar atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata ini harus sehat benar, sebab jalan menuju ke lokasi tersebut menanjak cukup tinggi, katanya.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin melihat beraneka ragam tosan aji (pusaka) keris, pedang dan tombak, dapat berkunjung ke Museum Tosan Aji di dekat Alun-alun kota Kabupaten Purworejo. (Ant/OL-03)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/ (04 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts