Bali Sambut Baik Kerja Sama Pariwisata dengan India

Denpasar, Bali – Pariwisata Bali menyambut baik usaha pemerintah meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata dengan pemerintah India untuk bisa memperbanyak jumlah kunjungan turis negeri itu ke Indonesia. "Bali, yang memiliki hubungan historis dengan India, tentu menyambut baik usaha pemerintah itu untuk memperbanyak volume promosi kepariwisataan di kedua negara," kata pengamat pariwisata Bali Made Kawiana di Denpasar, Sabtu (29/8). "Apalagi pemerintah Indonesia akan membuka perwakilan pariwisata di New Delhi, tentu itu akan lebih baik," kata dia saat dikonfirmasi tentang hasil pertemuan pertama kelompok kerja bersama bidang pariwisata Indonesia-India di Yogyakarta.

Indonesia juga akan mengundang media massa dan biro perjalanan dari India untuk mengunjungi beberapa objek wisata di Indonesia dan hasilnya nanti tentu sangat efektif dalam mengajak masyarakatnya melakukan perjalanan wisata. Dalam kunjungan pengusaha biro perjalanan dan media massa dari India, tentu Bali dapat dipastikan akan menjadi tujuan utamanya di samping daerah lain di Indonesia, sehingga dengan harapan turis asal India semakin banyak ke Indonesia. Masyarakat Bali sejak lama sudah melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata spiritual ke India, atau istilah masyarakat Pulau Dewata Metirtayatra (melakukan perjalanan suci) dan begitu pula sebaliknya banyak masyarakat India datang ke Bali.

Kawiana mengatakan, dengan adanya realisasi kerja sama itu nanti diharapkan jumlah kunjungan turis asal India ke Indonesia sesuai harapan, begitu pula ke Bali jumlahnya diharapkan semakin banyak mengingat informasi akan semakin gencar diterima calon wisatawan. India merupakan negara berpenduduk padat, 25 persen saja orang kaya di negeri itu melakukan perjalanan wisata ke luar negeri termasuk ke Indonesia cukup besar, kata Kawi. Ia menyatakan turis India ke Bali belakangan ini cukup ramai.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali, jumlah turis India yang melakukan kunjungan langsung ke daerah tersebut masih naik-turun namun ada peningkatan dari Januari 2009 misalnya hanya 1.713 orang, naik menjadi 3.621 pada Mei 2009. "Jadi jumlah turis asing asal India yang melakukan perjalanan wisata sambil menikmati keindahan alam pulau Dewata selama Januari-Juli 2009 adalah 16.278 orang dan angka tersebut sudah cukup lumayan," demikian Kawiana. (Ant/OL-04)

-

Arsip Blog

Recent Posts