Merasakan Sensasi Camp Sinam Vietnam

Batam, Kepri - Program Visit Batam 2010 Batam sudah di depan mata. Berbagai lokasi wisata di Batam diperkenalkan, mulai dari wisata kuliner hingga wisata religius. Salah satu lokasi wisata andalan Batam adalah Camp Sinam Vietnam yang berlokasi di Jembatan Empat Barelang. Berbicara mengenai Camp Sinam, warga Batam akan langsung mengetahui bahwa lokasi tersebut pernah menjadi lokasi pengungsi warga Vietnam yang melarikan diri dari negaranya kala pergolakan dua kubu di negeri tersebut tahun 1979. Banyak warga Vietnam Selatan melarikan diri menggunakan perahu mereka tampa tujuan yang jelas, hingga akhirnya mereka terdampar di pantai di kawasan Barelang seperti Pantai Melur, hingga akhirnya mereka mendirikan perkampungan di sana dengan dibantu UNHCR dari PBB.

Mendatangi lokasi ini, kita akan diajak merasakan berbagai sensasi sejarah, bukan hanya akan merasakan bagaiman kehidupan mereka di pengungsian tersebut, terbukti dari berbagai peninggalan alat-alat rumah tangga dan rumah yang mereka tinggali, melainkan juga kita akan dapat merasakan tingginya pemujaan Tuhan kala itu dari mereka. Hal ini dibuktikan dari bangunan gereja tua dan klenteng yang masih berdiri kokoh. Datang ke lokasi ini akan merasakan juga sensasi magis bagi para pengunjungnya. Lokasi yang dekat dengan hamparan perbukitan di Batam yang masih banyak ditumbuhi hamparan tanaman liar yang hijau, di sana juga akan ditemui berbagai patung, lukisan, foto keluarga pengungsi, hingga perlengkapan alat rumah tangga mereka dahulu.

Ini bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi wisatawan lokal maupun manca negara yang akan mengunjunginya. Lelah berpetualang ke masa lampau di Camp Sinam Vietnam, para wisatawan juga dapat menikmati hamparan pasir putih dan rumah makan yang menyediakan berbagai menu ikan laut (sea food) di Pantai Melur, sekitar 1,5 kilometer di sebelah utara camp tersebut sehingga jargon Visit Batam 2010 “Experience it” dapat dinikmati sekaligus dalam satu lokasi. (c)

-

Arsip Blog

Recent Posts