Soto Bang Doel Ada di Balikpapan

Balikpapan, Kaltim - Siapa yang tidak kenal dengan sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tokoh utamanya diperankan oleh Rano Karno? Akting Bang Doel di sinetron yang sempat menjadi sinetron terbaik pada tahun 1990-an dinilai sempurna sebab ia mampu membawakan peran anak suku Betawi yang mempunyai nilai kuat untuk mempertahankan budayanya. Nah, saat ini di Balikpapan sudah tersedia suguhan kuliner khas Betawi yang rasanya dapat diadu dengan masakan khas dari daerah lain.

“Kami baru beberapa minggu di Balikpapan,” kata Supervisor Kedai Betawi, Soleh atau akrab dipanggil Bang Soleh. Rumah makan khas Betawi ini jadi yang pertama hadir di Balikpapan. Bahkan pelebaran usaha menembus Kota Minyak ini merupakan kiprah pertamanya di luar pulau Jawa. Sebab kata Soleh, selama ini Kedai Betawi hanya ada di Jakarta dan Surabaya. Sesuai namanya, aneka makanan yang disajikan semuanya menu khas kampung Bang Doel.

Mulai soto Betawi, jus Betawi, aneka uleg seperti ketoprak dan lainnya. Soleh menuturkan, jauh-jauh dari Jakarta bukan tanpa alasan. Intensitas warga Balikpapan yang kerap pulang pergi menuju Jakarta-Balikpapan masuk dalam kategori cukup tinggi sehingga memaksanya untuk hadir sebagai sebuah solusi penyuka masakan khas Betawi. “Banyak juga warga Jakarta yang bekerja di Balikpapan jadi menu yang kami hadirkan sudah cukup familiar,” ujarnya. Agar nuansa khas Betawi tetap terlihat, pihaknya sengaja menata ruang ala rumah orang Betawi. Seperti jendela yang jumlahnya lebih dari satu pada satu sisi rumah, rumah-rumah lampu yang khas Betawi dan masih banyak lagi.

Sebagai permulaan, rumah makan pertama yang ada di lantai yang sama dengan Bioskop XXI, Pasar Baru Square, Soleh dibantu tenaga ahli yang diboyong dari Jakarta. Tujuannya agar cita rasa dan prinsip dasar Kedai Betawi lainnya tetap utuh sekalipun menginjak di luar daerah. Alasan lain, kehadiran Kedai Betawi bisa sekaligu menjawab rasa penasaran warga Balikpapan tentang kenikmatan menyantap menu daerah lain khususnya Betawi. “Jadi kalau mau makan ketoprak tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta karena disini sudah ada Kedai Betawi,” ajaknya.(moe)

-

Arsip Blog

Recent Posts