Dwiki akan pentaskan angklung di China

Bandung, Jabar - Dwiki Dharmawan, musisi kenamaan Indonesia, akan tampil memeriahkan pentas Asian Games ke-16 2010 di Guangzhou, China, yang diselenggarakan pada 12—27 November 2010.

Dalam kompetisi olahraga se-Asia tersebut, Dwiki akan mementaskan musik angklung yang menjadi salah satu ciri khas budaya Indonesia dalam pagelaran Asian Games yakni sebuah acara musik bertajuk Melody for Dialogue.

Angklung, katanya, akan ditampilkan dalam salah satu rangkaian acara di Asian Games, yakni pada 15 November di Guangzhou Opera House.

"Saya membawa sekitar 7 musisi [angklung] untuk tampil di sana [Asian Games] dan ditambah seorang penari. Mereka berasal dari Saung Angklung Udjo Bandung," katanya di Bandung, kemarin.

Suami artis Ita Purnama Sari ini menjelaskan Melody for Dialogue itu semacam perhelatan yang menampilkan budaya multikultur yang berasal dari berbagai negara.

Menurutnya, dengan ditampilkannya angklung sebagai duta di ajang tersebut diharapkan bisa semakin mematenkan angklung sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

"Selain sebagai representasi Indonesia, penampilan kami di ajang itu akan semakin mematenkan angklung sebagai warisan budaya dunia," ujarnya.

Dia berharap kalangan media yang hadir dalam pentas itu bisa menginformasikan kepada masyarakat seluruh dunia bahwa angklung berasal dari Indonesia, bukan dari negara lain.

Selain tampil sendiri membawakan angklung, kata dia, delegasi itu juga akan tampil bersama China Traditional Orchestra yakni orkestra menggunakan alat musik tradisional. Sementara itu, lagu yang akan dibawakan oleh Dwiki Dharmawan dkk merupakan lagu khas Jawa Barat, seperti 'Tokecang' dan 'Cing Cangkeling'.

Di dalam ajang ini, Dwiki berperan sebagai music director sekaligus ketua delegasi. Dwiki menambahkan pemilihan angklung yang akan ditampilkan dalam ajang tersebut karena dianggap sebagai representasi Indonesia.

Untuk persiapan, timnya saat ini sibuk melakukan training centre (TC) di Saung Angklung Udjo Bandung. Rencananya rombongan tersebut akan berangkat ke Guangzhou pada 10 November mendatang.

"Setelah tiba di sana, kami akan langsung melakukan berbagai persiapan, seperti gladi resik pada 14 November," lanjutnya. (msw)

-

Arsip Blog

Recent Posts