Minangkabau, Tujuan Favorit Turis Malaysia

Jakarta - Lonjakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui Bandara Udara (Bandara) Minangkabau, Padang, Sumatra Barat, pada Juli 2009 sebesar 6.872 orang atau naik 101,56 persen dibanding periode yang sama tahun 2008. Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Jaringan (P2DSJ) Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menyebutkan, dari jumlah itu, sebanyak 4.991 orang atau 73 persen merupakan wisatawan asal Malaysia. Selain wisman Malaysia, turis berkebangsaan Singapura, Australia, dan Amerika Serikat cukup banyak yang masuk melalui Bandara Minangkabau. Jumlah masing-masing mencapai 557 orang, 157 orang, dan 118 orang.

Sementara itu, sepanjang Januari-Juli 2009, jumlah kunjungan wisman yang masuk melalui Bandara Minangkabau mencapai 36.287 orang atau terjadi kenaikan 81,49 persen dibanding periode yang sama tahun 2008. Dari jumlah kunjungan wisman tersebut, sejumlah 70 persen atau 25.520 orang adalah turis Malaysia. Tingginya jumlah kunjungan wisman Malaysia ke Sumbar tersebut, selain karena faktor kedekatan hubungan budaya, sejarah maupun mudahnya aksesibilitas terutama transportasi udara dari kota-kota besar di Malaysia ke Minangkabau, juga karena gencarnya promosi pariwisata ke negeri jiran.

Depbudpar bersama para pelaku bisnis pariwisata termasuk maskapai penerbangan belakangan ini menggencarkan promosi paket wisata "Pulang Basamo" ke Malaysia dan Singapura. Pada musim liburan panjang seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta Natal dan Tahun Baru, banyak wisatawan dari Malaysia dan Singapura berlibur ke Sumbar. (MBK)

-

Arsip Blog

Recent Posts