Negeri Laskar Pelangi Jadi Kota Wisata 1001 Warung Kopi

Belitung, Babel - Kota Manggar yang terletak di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Bangka Belitung, selain dikenal dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi, sekarang dikenal juga dengan Kota Wisata 1001 Warung Kopi. Usai terpecahnya rekor MURI minum kopi susu terbanyak dengan 17.070 peserta, Gubenur Provinsi Bangka Belitung, Eko Maulana Ali, langsung mencanangkan Kota Manggar sebagai Kota Wisata 1001 Warung Kopi.

Rekor MURI tersebut diraih setelah berhasil melampaui rekor sebelumnya yang diraih Kota Tanggamus pada 27 Agustus 2007 lalu sebanyak 15.000 peserta. Gubernur berharap, Kota Manggar bisa menjadi salah satu kota wisata yang dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan begitu, pencanangan Babel Archipelago 2010 bisa tercapai. "Saya ucapkan selamat atas pencapaian ini. Semoga dengan adanya pencanangan ini, Manggar bisa mencapai pembangunan dari bidang pariwisata," kata Gubernur.

Eko menuturkan, Kebiasaan minum kopi susu masyarakat Manggar menjadi satu budaya yang harus tetap dilestarikan dan dijaga. Di sisi lain, Gubernur mengharapkan Pemkab Beltim bisa membudidayakan tanaman kopi. "Nantinya, bisa menjadi bahan baku untuk pembuatan kopi lokal," ujarnya. Sementara itu, Bupati Beltim, H. Khairul Effendi SH, mengatakan, "Awalnya Negeri Laskar Pelangi. Nanti kalau film Sang Pemimpi meledak, orang pasti kenal saya sebagai Bupati Sang Pemimpi di Negeri 1001 Warung Kopi," ujar Bupati. (RF/OL-04)

-

Arsip Blog

Recent Posts