KPK segera ke Sinjai

Akibat Merebaknya Kasus Korupsi

SINJAI—Mungkin berita ini agak mengejutkan bagi jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai. Pasalnya, beberapa bulan terakhir, berbagai pengaduan terkait banyaknya dugaan korupsi yang terjadi di daerah tersebut, membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ‘unjuk gigi’.

KPK sendiri yang direncanakan segera melakukan pemeriksaan di Kabupaten Sinjai, dijadwalkan awal Mei mendatang.

“Kami yang tergabung dalam forum penyalemat Sinjai (FPS), sudah mendapat konfirmasi langsung dari Direktorat Pengaduan KPK di Jakarta belum lama ini, mengenai rencana itu. Kedatangan kami juga sekaligus membeberkan sejumlah kasus dugaan korupsi yang terjadi di daerah ini, sejak 2004 sampai dengan 2005 lalu. Bayangkan, dari kasus Sinjai ini negara bahkan mengalami kerugian miliaran rupiah,” ungkap Amsul

Sementara, Mappangara, Ketua LSM Majelis Amanat Rakyat Sinjai (MARS) mengatakan, dari laporan FPS ke KPK itu sendiri, intinya adalah maraknya keganjalan terhadap penyimpangan yang terjadi pada pelaksanaan proyek di pos anggaran pendapatan belanja daerah serta APBN. Bahkan, beberapa kali FPS meyuarakan di hadapan anggota DPRD Sinjai, agar masalah itu mesti menjadi perhatian serius, namun hal itu sulit untuk dilakukan.

“Makanya, untuk lebih memperjelas adanya penyimpangan tersebut, satu-satunya jalan meminta kepada lembaga independen seperti KPK, agar kasus tersebut bisa diungkap apalagi pihak KPK sendiri cukup merespon apa yang menjadi keluhan masyarakat selama ini,” tandasnya.

Sekadar diketahui, FPS bukan sekedar berapriori dalam persoalan ini. Kesimpulannya hanya ingin menyelamatkan Sinjai dari tangan-tangan koruptor semata. “Sejauh ini, jadwal kedatangan KPK ke Sinjai memang belum dipastikan kapan. Hanya saja bukan tidak mungkin mereka turun sifatnya rahasia,” kunci Amsul. (A Imran)

Sumber: Ujungpandang Ekspres, Jumat, 28 April 2006
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign