Pertahankan Budaya Lokal, Wajibkan Tari Tradisional

Kudus, Jateng - Untuk menjaga agar budaya lokal berupa tradisional tidak punah, ratusan Pesta Siaga Kwaran Toroh Tahun 2015 di SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh mengikuti lomba tari tradisional, kemarin. Kegiatan yang bertemakan “Siaga Rajin Terampil dan Gembira” ini benar-benar mampu menjadi cermin keceriaan dari para peserta.

”Ada 68 barung yang berpartisipasi pada lomba tari yang diikuti antusias oleh peserta,” kata Djoko Suprijanto Wakil Ketua Mabiran.

Dikatakan, lomba tari tradisional harus dapat digunakan sebagai wahana untuk memperluas pengetahuan, memperbanyak pengalaman dan ketrampilan. Sehingga menumbuhkan semangat juang dan tidak kenal menyerah. Selain itu, juga untu melestarikan budaya daerah.

”Tujuan lomba ini untuk menjadikan siswa memiliki pribadi yang unggul dan menjadi teladan di lingkungan sekitar, baik keluarga, sekolah dan masyarakat luas,” terang dia

Ketua Kwaran 15 05 Toroh Widji Astutik menambahkan bahwa pesta siaga tahun ini diikuti oleh 544 peserta terdiri dari 65 pangkalan SD dan 3 pangkalan MI. Sebagai Juara 1 putri adalah Barung Merah dari SD N 1 Boloh, Juara 2 Barung Hijau dari SD Negeri 2 Depok dan Juara 3 Barung Ungu dari SD Negeri 1 Depok. Juara 1 Putra SD Negeri 2 Boloh, Juara 2 SD Negeri 3 Pilangpayung dan Juara 3 SD Negeri 3 Plosoharjo.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign