Separuh Desa di DIY Ditarget Jadi Desa Budaya

Yogyakarta - Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan DIY menargetkan 50 persen desa di seluruh DIY menjadi desa budaya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono, Sabtu (31/1).

Umar mengatakan bahwa saat ini sudah ada sebanyak 32 desa yang menjadi desa budaya di wilayah DIY. Saat ini DIY memiliki 438 Desa yang tersebar di 78 kecamatan di Kabupaten Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta. Dari jumlah tersebut, Dinas Kebudayaan menargetkan 50 persen diantaranya dapat menjadi desa budaya yang nantinya juga berkembang menjadi desa wisata.

"Saat ini ada 32 desa yang sudah menjadi desa budaya, tentunya masih sangat sedikit jika dikaitkan Yogyakarta sebagai daerah istimewa. Oleh karena itu kami mengharapkan dapat berkembang hingga 50 persen nantinya dan perintisannya dimulai pada 2015 ini," ungkapnya.

Menurut Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) DIY, ditargetkan tahun 2025 DIY menjadi kota pariwisata, budaya dan pendidikan nomer satu di Asia Tenggara. "Kita akan berusaha untuk memenuhi target tersebut," lanjutnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono saat menjadi pembicara dalam acara obrolan di Bangsal Kepatihan, Sabtu (31/1). Sultan mengharapkan agar nantinya desa budaya tersebut dapat berkembang dan menjadi mandiri baik secara ekonomi maupun pembangunan.

"Tentunya juga agar perekonomian masyarakat desa bisa semakin baik dan mandiri untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan juga," ungkap Sultan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign